Batik Khas Kabupaten Lumajang Mulai Dipromosikan

0 169

Batik Khas Kabupaten Lumajang Mulai Dipromosikan

Batik Lumajang merupakan salah satu produk unggulan asli yang berasal dari Kota Lumajang. Untuk dapat menarik minat pasar, batik khas Kota Lumajang ini akan dipromosikan dalam pameran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat provinsi di Tulungagung, mulai 15 November sampai 19 November. Dengan diperkenalkan produk batik khas Kabupaten Lumajang dalam pameran KIM agar produk batik tulis asli Kota Lumajang bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Sentra pengrajin Batik Lumajang yang sedang gencar dipromosikan, berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono dengan Batik Sekar Agung dan Batik Girli. Kemudian, di Kecamatan Padang dengan Batik Kilbi, dan motif batik lainnya dari Kecamatan Yosowilangun dan Kunir.

Saat ini juga ada motif batik khas lain yang dikembangkan dengan produk batik dari Kecamatan Yosowilangun. Ini potensi khasanah budaya batik yang patut dikembangkan dan disebarluarkan potensinya melalui perkenalan ke daerah lain. Untuk ciri khas batik tulis khas Lumajang belum ada ciri khas yang bisa dicontek oleh daerah lain. Karena, motif-motif yang ada merupakan khas Lumajang.

Tetapi para pengerajin sudah berkarya dan melakukan inovasi-inovasi terhadap motif-motif batik yang akan menjadi ciri khasnya. Untuk batik yang berasal dari Desa Kebon Agung, Kecamatan Sukodono, para pembatik lebih menonjolkan motif-motif pisang, namun mereka belum mematenkan produk tersebut. Demikian pula batik dari Kecamatan lain, seperti Yosowilangun dan Kunir. Keragaman khas motif batik inilah, yang diharapkan bisa diperkenalkan kepada masyarakat luar Kabupaten Lumajang melalui pameran KIM.

Selain batik, ada beberapa produk unggulan lain seperti pisang agung, pisang mas kirana, kerajinan perak dan masih banyak produk-produk olahan lain, yang diikutkan dalam pekan KIM yang diselenggarakan secara rutin setahun sekali oleh pemerintah provinsi Jawa Timur.

Source http://forum.detik.com/?dfthome http://forum.detik.com/batik-khas-kabupaten-lumajang-mulai-dipromosikan-t309374.html
Comments
Loading...