Batik Khas Depok Gambarkan Icon Depok

0 18

Batik Khas Depok Gambarkan Icon Depok

Batik merupakan warisan budaya yang tidak ternilai harganya. Banyak daerah yang menciptakan batik sendiri dan memantenkannya untuk nantinya dipasarkan sampai ke manca negara. Kota Depok yang baru 15 tahun berdiri juga telah menciptakan cetakan batik agar mempunyai ciri khas sendiri.

Tahun 2007, Ketua Tim PKK Depok, Nur Azizah Tamhid menggagas pembentukan panitia perlombaan batik. Sebanyak 325 peserta yang memiliki KTP Depok mendaftar dalam acara tersebut. Setelah seleksi beberapa tahap, terpilihlah sepuluh corak batik terbaik yang kemudian dihak patenkan untuk menjadi batik Depok.

Sri Ayu Rahayu, wakil ketua IV PKK yang saat itu menjadi Ketua Panitia Lomba Batik mengatakan, sebenarnya batik ini baru bisa dibilang corak batik, bukan batik sesungguhnya yang memakai lilin, malam dan lukis menggunakan tangan, namun lebih kepada cetak atau printing batik menggunakan alat. “Dari sepuluh corak batik, yang dicetak baru ada tujuh dan yang digunakan untuk seragam PNS itu yang juara satu yaitu corak batik paricara dharma,” ujar Ayu, beberapa waktu yang lalu saat ditemui di ruang kerjanya.

Masing-masing corak batik memiliki motif yang bermakna dan menggambarkan Icon Depok, diantaranya belimbing, ikan manfish, jembatan panus, gong si bolong, dan lainnya. Corak batik ini kemudian dipasarkan oleh ibu-ibu PKK dibantu oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok di berbagai pameran yang diadakan, bahkan kabarnya batik ini telah mencapai go internasional dengan melakukan pameran di Singapura.

Corak batik yang di jual PKK dapat berupa pakaian jadi ataupun bahan, bahkan saat ini corak batik dijadikan bahan kerajinan tangan seperti tas, sepatu, gantungan kunci, bantal, tempat handphone. Diharapkan ke depannya batik Depok akan terus mengeluarkan inovasi-inovasi sehingga dapat mengharumkan nama Depok dengan Batiknya. 

Source https://www.depok.go.id/ https://www.depok.go.id/06/10/2014/01-berita-depok/batik-khas-depok-gambarkan-icon-depok
Comments
Loading...