Batik Khas Blora Rambah Internet Marketing

0 48

Batik Khas Blora Rambah Internet Marketing

Para pengrajin batik Blora memanfaatkan internet untuk memasarkan hasil karyanya. Tak hanya lewat media sosial (medsos) seperti facebook, twitter dan instagram. Sejumlah pengrajin juga menggunakan online shop semacam shopee guna memasarkan produk-produknya. Tujuanya tak lain agar batik khas Blora semakin dikenal dan dibeli masyarakat luas.

Salah satu batik khas Blora yang menggunakan marketplace online itu antara lain kelompok batik bersama Manggar Pelangi dari Desa Sumber, Kecamatan Kradenan. Dengan digawangi sejumlah pemuda-pemudi yang ingin turutserta membantu pengrajin lokal Blora, sebuah galeri didirikan. Di galeri yang berada di jalan Nusantara 4 nomor 28 Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora, itulah pemasaran batik Manggar Pelangi dikendalikan.

‘’Galeri Manggar Pelangi ini sudah dibuka sejak awal 2018. Kami tergerak memasarkan produk kain batik khas Blora secara online maupun offline,’’ tandas Vinda Dwi Hanifah marketing batik Manggar Pelangi, Kamis, 27-12-2018.

Dia menuturkan, potensi kerajinan khas di Blora sejatinya sangat besar. Tak hanya batik, melainkan juga kerajinan lainnya. Sebagian kerajinan tersebut diproduksi oleh pengrajin di desa-desa yang notabene lokasinya relatif jauh dari pusat kota. Namun, letak geografis itu tidak menjadi kendala berarti dalam pemasaran jika pengrajin kreatif dalam memasarkan produknya melalui sarana yang ada.

‘’Salah satunya melalui online shop,’’ tandas perempuan kelahiran 19 Juni 1992.

Vinda Dwi Hanifah mengungkapkan, penggunaan media internet untuk pemasaran muncul setelah pihaknya beberapa kali mendapatkan masukan dari sejumlah pihak.

Pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sebuah acara di Cepu tahun lalu menjadi salah satu moment penting bagi batik Manggar Pelangi memulai memasarkan produk secara online serta mendirikan galeri di pusat Kota Blora.

‘’Bagian produksi mengupayakan peningkatan kualitas produksi. Bagian desain menggali motif-motif kekhasan Blora. Sedangkan bagian marketing juga fokus dalam pemasaran,’’ katanya.

Dia mengungkapkan sejumlah motif kain batik yang karya kelompok batik Manggar Pelangi yang laris dipesan pembeli. Diantaranya motif Gagak Rimang, Banteng Pranowo, Entung Jati, Tunggak Jati, motif Samin serta Jati Meranggas.

‘’Warna dari kain batik dengan motif-motif itu bisa diubah sesuai pesanan. Umumnya kain batiknya berwarna ngejreng,’’ ungkapnya.

Vinda Dwi Hanifah yang juga pegawai honorer di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora itupun mengajak generasi muda di Blora untuk membantu membesarkan usaha kerajinan khas Blora. Keikutsertaan tersebut bisa dalam hal teknis maupun pemasaran.

‘’Banyak yang bisa dikontribusikan untuk kemajuan produk khas di desanya masing-masing. Dari situ, generasi muda bisa belajar berwirausaha,’’ tandas alumnus UGM Yogyakarta ini.

Source https://damarkita.com https://damarkita.com/batik-khas-blora-rambah-internet-marketing/
Comments
Loading...