Batik Khas Bintan Motif Dugong

0 84

Batik Dugong Bintan ini adalah kreasi lain dari Efiyar M Amin, yang merupakan designer Batik Gonggong. Lahirnya Batik Dugong Bintan ini terinspirasi dari maskot Kabupaten Bintan yaitu seekor dugong, awalnya secara tak sengaja berawal dari obrolan ringan antara Butik Lawana dan Bupati Bintan, Ansar Ahmad.

Ansar bercanda mengusulkan agar dibuatkan batik dengan corak khas Bintan, Kepulauan Riau. Tetapi candaan itu ditanggapi serius oleh Butik Lawana. Setelah mengalami beberapa kali perubahan, akhirnya lahir Batik Dugong Bintan dengan berbagai motif.

Diantaranya motif dugong bintan, dugong untai, dugong beriring, dugong sepasang, dugong hias, dugong empat dan beberapa motif lainnya, dengan warna merah, hijau, biru, kuning dan ungu menjadi pilihan warna yang dipilih desainer. warna tersebut menyesuaikan dengan warna yang sering dipakai masyarakat melayu.


Motif dugong ini juga dipadukan dengan ornamen gelombang, rumput laut lamun dan tidak lupa lancang kuning yang menjadi ciri khas Bintan.

Dipilihnya kelurahan Kota Baru, Teluk Sebong sebagai pusat pengembangan batik Dugong, karena letak geografis yang berdampingan dengan pusat pariwisata Bintan, yaitu Lagoi. Kedekatan ini diharapkan lebih memudahkan dalam pemasarannya.

Dugong atau biasa dikenal dengan ikan duyung merupakan jenis hewan laut langka yang banyak dijumpai di perairan Kawal, Tanjung berakit, Bintan, Kepulauan Riau. Batik Dugong sendiri mulai di desain sejak Desember 2011 lalu.

Source http://riauberbagi.blogspot.co.id http://riauberbagi.blogspot.co.id/2016/01/batik-melayu-riau-khas-bintan-dugong.html
Comments
Loading...