Batik Khas Bekasi Semakin Dikenal

0 28

Batik Khas Bekasi Semakin Dikenal

Para pengrajin Batik khas Bekasi terus berinovasi mengembangkan karya-karyanya. Hal ini dipicu masyarakat Kota Bekasi yang perlahan mulai menggemari busana berbahan batik khas kota Patriot ini. Salah satu pengrajin Batik khas Bekasi, Sri Winarni dari Mustikajaya Bekasi menuturkan, penyebaran batik khas bekasi sudah mulai luas. “Artinya, di Kota Bekasi, yang tadinya banyak yang belum tahu dan mengenal batik khas Bekasi, kini sudah banyak yang tahu, bahwa ternyata Bekasi punya batik yang khas tersendiri,” jelas Sri. Melihat perkembangan yang cukup bagus ini, lanjut Sri, maka para pengrajin pun tidak tinggal diam, namun akan terus mengiringi perkembangan itu dengan berkarya menciptakan inovasi terhadap batik khas Bekasi ini. Bukan berarti merubah corak dan motif yang sudah dipakemkan, namun inovasi yang dilakukan oleh para pengrajin Batik di Kota Bekasi itu adalah mengembangkan model, memadukan motif-motif tersebut agar lebih menarik, serta meningkatkan kualitas bahannya.

Terkait model busana berbahan batik khas Bekasi ini, pihaknya terus menggali untuk menciptakan model busana, agar tidak monoton. Sekarang ini busana berbahan batik kan tidak hanya digunakan saat acara resmi seperti jaman dahulu, namun sudah dikenakan masyarakat di segala usia. Bahkan anak usia dua tahun pun sudah ada yang dipakaikan baju batik. Untuk itu, sebagai pengrajin pun berupaya mengembangkan karya-karyanya agar batik tetap fleksibel dikenakan segala usia. Untuk diketahui, Batik kota Bekasi mempunyai corak yang unik dan menarik, dengan ciri khas kultur masyarakat betawi yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Peluncuran Batik Khas Kota Bekasi dengan 12 pakem motif batik yang telah dinamai dengan Batik Bekasi dilakukan dan diresmikan oleh Walikota Bekasi, bersamaan dengan HUT Kota Bekasi yang ke-17, tepatnya 10 Maret tahun 2014 lalu. Ke 12 pakem batik Bekasi ini terbagi kedalam 5 kategori yaitu: Flora (dintaranya Bambu, Buah Kecapi, Bunga Melati dan Teratai. Kemudian Fauna (diantaranya Ikan Gabus, Lele, Ikan Sepat dan Ikan Betik); Katagori Sejarah (diantaranya Gedung Juang Tambun, Kali Bekasi, Monumen Perjuangan dan Bambu Runcing), dan katagori Budaya (diantaranya Tari Topeng, Legenda Rawa Tembaga, permainan anak seperti Benteng serta Tanidor, dan Batik Terang warna Hijau Lumut, Hijau Daun dan Merah Tanah.

Source http://otonominews.net/ http://otonominews.net/read/2421/Batik-Khas-Bekasi-Semakin-Dikenal
Comments
Loading...