Batik Khas Bandung Barat Segera Dibuat

0 309

Batik Khas Bandung Barat Segera Dibuat

Bandung Barat tidak lama lagi akan segera menentukan batik khasnya. Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan saat ini pihaknya tengah memproses pemilihan desain yang datang dari berbagai sumber. “Sudah banyak contoh desain yang sudah masuk. Sekarang masih dalam tahap pencarian ciri khas Kabupaten Bandung Barat dari desain yang dinilai paling baik,” ujar Bupati Bandung Barat.

Di antara desain tersebut, kata Bupati terdapat usulan batik yang telah dipatenkan dan merupakan produksi asli Kabupaten Bandung Barat. Seperti yang terdapat di wilayah Kecamatan Lembang dan Desa Celak, di Kecamatan Gununghalu merupakan produsen batik yang belum lama menyiapkan sumber daya manusia dalam usaha batiknya.

Mereka adalah para wanita P2 WKSS Kabupaten Bandung Barat yang sengaja belajar membatik dari pengrajin batik yang sudah ahli dari Purwokerto. Meski begitu, hasil desain batik yang diproduksi bisa langsung merepresentasikan khas wilayah masing-masing.

Hasil batik yang dibuat oleh para wanita P2 WKSS juga bagus-bagus. Seperti di Celak ini, mereka membuat batik dengan ciri khas wilayah mereka yakni Motif Tumbuhan atau Padi, sesuai dengan potensi persawahan di wilayahnya.

Walau demikian, Abubakar menambahkan, desain yang akan dipilih untuk batik khas Kabupaten Bandung Barat harus dapat mewakilkan wilayah Kabupaten Bandung Barat itu. Beliau juga menginginkan batik yang dibuat nantinya akan mencerminkan kesan budaya yang berharga, sama seperti Batik Mega Mendung yang dibuat Kabupaten Cirebon, ataupun Batik Garutan dari Kabupaten Garut.

Source Batik Khas Bandung Barat Segera Dibuat Batik
Comments
Loading...