Batik Keraton Sumenep

0 220

Batik Keraton Sumenep

Keraton Sumenep merupakan salah satu tempat Kadipaten yang menguasai seluruh Pulau Madura. Selama bertahun-tahun, kadipaten diperintah oleh Dinasti Cakraningrat. Status monarki turun menjadi kepangeranan ketika masa pemerintahan Sultan Agung dari Mataram. Kemudian, kedudukan Dinasti Cakraningrat hanya sebagai regent di Madura pada masa pemerintahan Belanda. Seperti halnya keraton-keraton yang di Pulau Jawa, budaya halus dan tata krama yang sopan. Serta bahasa sehari-hari yang santun juga menjadi identitas budaya, baik di seputar lingkungan Keraton Sumenep maupun di lingkungan masyarakat Sumenep pada umumnya.

Warna yang terdapat pada Batik Keraton Sumenep banyak dipengaruhi oleh Keraton Mataram yaitu menggunakan warna kecoklatan, dan warna soga. Selain itu, juga terdapat warna khas Batik Keraton yang lain, yaitu biru tua atau hitam dan putih ditambah sedikit warna kehijauan dan kemerahan. Sedangkan ornamen yang jelas-jelas terbawa dari Mataram adalah ragam hias sawat dan lar. Ornamen seperti ini masuk ke Sumenep ketika Mataram menguasai daerah Sumenep. Namun ornamen ini menghilang ketika pengaruh ajaran Islam semakin menguat dan berganti dengan munculnya ornamen-ornamen yang berbentuk stilasi dari benda-beuda maupun hewan laut karena masyarakat Madura lebih dekat deugan kehidupan bahari dan bercocok tanam dengan cara bertegal.

Sebagian besar Motif Batik Keraton Sumenep merupakam Motif Non Geometris yang menggabungkan unsur isen-isen pada latar tanahan. Ornamen yang diambil meliputi burung, kupu-kupu, berbagai dedaunan dan bunga. Munculnya ornamen hewan laut yang digambarkan sangat jelas seperti bentuk udang, kepiting, ikan hingga, ganggang banyak dijumpai pada Batik Madura. Beberapa Batik Keraton Sumenep dengan pengaruh Mataram di antaranya Motif Sabuk Rantay yang popular dibuat di Sampang, motif ini banyak memiliki kemiripan dengan Motif Semen Rante, Sekar Jagad banyak sekali kemiripan dengan Sekar Jagad dari Jawa.

Source Batik Keraton Sumenep Batik
Comments
Loading...