Batik Kenongorejo Madiun

0 320

Batik Kenongorejo Madiun

Batik Kenongo merupakan salah satu batik khas yang dibuat di sentra batik Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Batik di Desa Kenongorejo sudah mulai dibuat sejak zaman penjajahan Belanda, menurut cerita yang beredar di Masyarakat, Batik Khas Kenongorejo ini pertama kali dibuat oleh para pengikut Pangeran Dipoegoro. Biasanya batik yang dibuat adalah ukuran kain panjang, kini ia mulai merambah batik dengan bentuk lain.

Di antaranya adalah bentuk taplak meja, seprei, sapu tangan, dan sejumlah bentuk souvenir lainnya yang lebih menarik minat pembeli. Selain itu, warna yang diberikan juga lebih beraneka dan tidak menggunakan warna tradisional yang didominasi warna hitam, coklat, dan kuning emas.

Motif andalan dari Batik Kenongo adalah selain bunga kenanga, juga adanya motif porang. Motif ini terinspirasi dari Bunga kenanga yang banyak tumbuh di desa Kenongorejo, begitu juga Motif porang,  tanaman porang yang banyak tumbuh di Desa Kenongorejo yang terdapat di tepi hutan.

Untuk meningkatkan penjualan, perajin batik lainnya terus berinovasi guna memenuhi keinginan pasar. Tidak hanya batik tulis saja yang diproduksi namun juga batik cap dan printing. Upaya dari Pemerintah Kabupaten Madiun Madiun patut diberikan apresiasi, yaitu mengembangkan empat motif batik yang dijadikan kekhasan atau ciri dari wilayah setempat dengan menggandeng pengrajin batik yang ada. Dari keempat motif batik yang dikembangkan dan dijadikan ciri khas dari batik Kabupaten Madiun tersebut adalah Batik Kenongo yang merupakan motif batik paling tua.

Source http://kitamadiun.blogspot.co.id/ http://kitamadiun.blogspot.co.id/2017/08/batik-kenongorejo-batik-khas-madiun.html
Comments
Loading...