Batik Kendal Belum Miliki Motif Sendiri

0 242

Batik Kendal Belum Miliki Motif Sendiri

Kendal selama ini belum memiliki motif atau pola batik sendiri yang melambangkan ciri khas produk berasal dari Kota Beribadat. Beberapa waktu sebelumnya para perajin batik memang pernah dikumpulkan agar dapat membuat pakem motif batik sendiri. Hanya saja niatan tersebut tidak berlangsung mulus karena motif yang dipilih yakni Daun Kendal, ternyata dibuat berbeda-beda bentuk antara perajin satu dengan lainnya. Apalagi, motif Daun Kendal tersebut kemudian belum sempat untuk dipatenkan.

Dahulu sudah ada rencana untuk membuat motif Daun Kendal sebagai ciri khas batik dari Kabupaten Kendal, namun ternyata tidak berlanjut. Masing-masing perajin batik pun berbeda pandangan dalam menggambar pola Daun Kendal karena waktu menemukan pohon Kendal, ternyata bentuk daunnya berbeda-beda antara satu pohon dengan pohon lainnya.

Menurut Sucilatun, komunitas Klowong sendiri dibentuk dengan tujuan untuk memajukan industri kerajinan batik di Kabupaten Kendal. Saat ini, telah ada sekitar 30 perajin yang menjadi anggota komunitas tersebut. Mereka merupakan perajin batik yang berasal dari Pantura Kendal yakni Weleri hingga Kaliwungu.

Sucilatun menambahkan kalau Baperlitbang Kendal bersedia memfasilitasi dan membina kegiatan dari komunitas tersebut guna memunculkan batik khas Kendal. Selain itu ada permintaan dari Bupati Kendal, Mirna Annisa agar para perajin dapat membuat motif berupa kura-kura belimbing dan kendil.

Terpisah, anggota komunitas Klowong, Sugeng Supriyadi mengatakan dalam setiap pertemuannya, para anggota mencoba untuk sharing atau berbagi ilmu guna proses pengembangan batik dengan memunculkan motif dan kreasi baru batik. Pada pertemuan pertama berhasil memunculkan motif Saserangan, sedangkan di pertemuan kedua menghasilkan motif Smoke.

Source Batik Kendal Belum Miliki Motif Sendiri Batik
Comments
Loading...