Batik Kembang Srengenge Sore

0 203

Batik Kembang Srengenge Sore

Kota Semarang, Jawa Tengah batik kontemporer saat ini telah berkembang pesat. Ada dua bengkel kerja batik yang terus berkembang dan dianggap mewakili batik kontemporer Semarang. Keduanya, yakni Sanggar Batik Semarang 16 yang berada di Desa Meteseh Kecamatan Tembalang, Semarang. Dan Workshop Batik Sri Asih di RT 03 / RW 09 Plamongansari Semarang.

Sejak jaman dahulu, karakter warga Kampung Batik semarang dalam membuat batik selalu mengedepankan konsep bebas dengan membuat motif batik yang sesuai dengan kreasi atau keinginan mereka sendiri. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Kembang Srengenge Sore.

Batik Kembang Srengenge Sore adalah motif berbasis flora dari Batik Semarang 16. Dinilai sangat cocok dipakai di bulan Ramadan karena berfungsi sebagai pengingat.

Kembang srengenge atau bunga matahari jika sore menghadap ke barat atau kiblat. Pada saat Ramadan, nyaris semua manusia akan ingat pada kiblat karena menunggu maghrib. Sebenarnya ini motif yang sarkastis. Banyak yang ingat kiblat saat sore. Kalau Ramadan yang diingat hanya maghribnya. Sedangkan di luar Ramadan orang akan ingat kiblat jika sudah berusia senja.  Apapun temanya, ternyata batik-batik khas Semarang ini banyak bermunculan di Bulan Ramadan. Meski ketika diciptakan tidak dikhususkan untuk Bulan Ramadan saja.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2530125/6-batik-unik-semarangan-dari-huruf-arab-sampai-hewan-imajiner
Comments
Loading...