Batik Kembang Mulyo 

0 261

Batik Kembang Mulyo 

Lina merupakan pengrajin batik yang masih aktif memproduksi Batik Motif Jepara di rumahnya. Bersama suaminya, Bowo mereka aktif mengembangkan batik dengan motif-motif yang menarik. Kalau bertandang ke kediaman mereka Griya Jepara Asri jl.Bougenvile Raya No.18 Desa Mulyoharjo Jepara bisa melihat banyak koleksi batiknya. Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat proses produksinya secara langsung.

Setiap harinya, di sana ada banyak ibu-ibu yang ikut membatik. Bahkan anak-anak yang sekolah juga seringkali praktek membatik di sana. Motif dan warna yang dihasilkan beragam tentunya. Lina juga sering memberikan pelatihan batik bagi ibu-ibu rumah tangga. Usai pelatihan, biasanya mereka praktek lebih lama di rumah Lina. Motif yang dibuat oleh Lina adalah Batik Kembang Mulyo. Motif Kembang Mulyo Batik Kembang Mulyo Sebuah Karya Kartini Di Desa Mulyoharjo Jepara  yang menggambarkan keterpaduan, keseimbangan dan keselarasan di dalam lingkungan hidup bermasyarakat. Yang digambarkan sebuah Batik Motif Kembang Mulyo dengan ranting dan dedaunan yang saling berkaitan itu merupakan tanda bahwa hidup itu saling berkaitan dan saling membutuhkan. Perkembangan terhadap penjualan Batik Kembang Mulyo milik Lina juga positif. Dulunya dia hanya memproduksi kain sejumlah puluhan per bulan. Namun kini jumlahnya meningkat. Satu bulan bisa sekitar 400 lembar kain.

Peningkatan pesanan itu, datang dari instansi-instansi pemerintahan yang ada di Jepara. Intansi pemerintahan itu, mayoritas memesan batik cap. Harga batik cap bervariasi sekitar Rp. 100 sampai Rp. 200 ribu per potong. Untuk memenuhi peningkatan pesanan itu, dia memperbanyak karyawan. Saat ini tenaga di rumah ada 6 pembatik, yang dibawa pulang ke rumah ada sekitar 8. Banyak juga anak-anak SMK yang membantu mengerjakan saat liburan sekolah.

Source http://www.feminoviyanti.com/ http://www.feminoviyanti.com/2016/04/lina-batik-kembang-mulyo-batik-jepara-3.html
Comments
Loading...