Batik Kembang Kopi Khas Tanjung Bumi

0 251

Batik Kembang Kopi Khas Tanjung Bumi

Banyak bermacam-macam batik yang ada di Nusantara, Madura memiliki ciri khas  yang melambangkan tentang Madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta Batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang Batik Gentong Tanjung Bumi. Batik Tanjung Bumi merupakan salah satu batik yang sangat terkenal di Indonesia, batik tersebut mempunyai ciri khas motif yang sangat mencolok dari motif batik daerah lainnya, yaitu bentuk corak hewan dan tanaman. Batik Tanjung Bumi kaya akan berbagai bentuk motif.Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik.

Berbagai macam banyak batik yang ada di Madura khusunya Batik Gentong Tanjung Bumi. Salah satunya yang bermotif Kembang Kopi (bunga kopi). Kembang yang artinya adalah bunga memiliki filosofi dan bentuk yang sangat indah, sedangkan kopi yang hitam pekat. Para perajin batik yang ada di wilayah Tanjung Bumi terinspirasi dari kembeng kopitersebut karna keunikannya, biji kopi yang berwarna agak abu-abu tanah ketika di olah akan hitam pekat akan tetapi ketika sudah di tumbuk akan berubah warnanya itulah keunikan dari kopi yang di tuangkan dalam batik yang warnahnya menyerupai kopi tersebut, sedangkan dari kembeng (bunga) bunga memiliki tahapan dalam hidup.

Mulai tumbuh hingga muncul bunga yang menebarkan bau mewangi. Keberadaan bunga juga  menyejukkan setiap mata yang memandangnya. Karena itu, seorang melukiskan bunga dalam batik dengan menggunakan warnah seperti kopi agar tidak terlalu cerah melambangkan sebagian besar masyarakat yang kuliatnya sao matang.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batik-motif-kembang-kopi-bunga-kopi.html
Comments
Loading...