Batik Kembang Bayem Khas Sidoarjo

0 441

Batik Kembang Bayem

Pada mulanya seni membuat batik di Kota Sidoarjo memiliki ciri tersendiri, namun karena banyaknya pembeli yang berasal dari daerah Madura membuat para seniman batik kemudian membuat Motif Batik dengan corak dan warna yang disukai oleh masyarakat Madura. Walaupun begitu Seni Batik Sidoarjo tetap memiliki motif batik mereka sendiri, seperti salah satunya Motif Batik Kembang Bayem.

Motif Batik yang berasal dari kota Sidoarjo ini pada umumnya merupakan Motif Batik yang mengangkat budaya lokal yang ada di kota ini. Seperti limpahan panen beras yang terjadi di kota ini terlihat dari motif baju batik beras utah yang diciptakan oleh masyarakat Sidoarjo.

Motif Batik Kembang Bayem merupakan sebuah motif yang muncul karena daerah ini memiliki banyak sayuran bayam yang tumbuh di berbagai tempat, seperti pekarangan rumah penduduk atau di tempat lain. Tumbuhan bayam memang cukup mudah dijumpai di berbagai tempat di kota ini, ada yang memang ditanam dan ada juga yang tumbuh secara liar. Seniman batik di kota ini juga mengalami pengembangan dalam hal Motif Batik yang mereka buat.

Beberapa bentuk Motif Batik Baru diantaranya adalah Motif Batik Burung Merak yang digambar dari samping dengan posisi sayap burung tersebut yang sedang menutup. Motif Batik lainnya adalah Motif Batik Kupu-Kupu, Motif Batik Kembang Kenongo dan masih banyak Motif Batik lainnya.

Source Batik Kembang Bayem Batik
Comments
Loading...