Batik Kelengan

0 707

Batik Kelengan

Batik Modern merupakan batik yang diproses dengan teknik baru. Dalam teknik Batik Modern menggunakan cara-cara modern yang tidak dikenal sebelumnya. Warna – warna yang digunakan tidak seperti batik tradisional yang hanya menggunakan warna merah, sogan, biru dan hitam. Akan tetapi batik modern lebih banyak menggunakan warna-warna eksperimen (hasil percobaan). Ragam hias yang digunakan tidak mengandung simbol-simbol tertentu. Salah satu kreasi dari Batik Modern adalah Batik Kelengan.

Batik Kelengan merupakan salah satu jenis dari batik cap, yang menjadi ciri khas dari Batik Kelengan yakni terletak pada motif dan warna. Batik Kelengan terdiri dari kombinasi 2 warna yakni hitam dan putih, disamping itu batik kelengan selalu dicirikan dengan pola motif yang cenderung besar.

Teknik pembuatan Batik Kelengan termasuk teknik batik tertua, yaitu cara pembuatan batik dengan satu kali celupan warna. Proses pewarnaannya sederhana, yaitu dengan cara menutup permukaan kain dengan malam (wax) menurut motif yang dikehendaki dengan canting, kemudian dicelup pewarna batik. Batik kelengan hanya memiliki dua warna, dengan warna putih sebagai warna dasar kain. Kalau yang hanya putih biru itu dulu di etnis Tionghoa untuk yang sedang berkabung karena ada keluarga yang meninggal. Kalau sekarang mungkin karena matinya kebenaran dan keadilan. Jika motif batik kelengan sudah merupakan motif perkembangan atau telah mengalami modifikasi.

Source Batik Kelengan Batik
Comments
Loading...