Batik Kediri Motif Jaranan Makin Populer

0 193

Batik Kediri Motif Jaranan Makin Populer

Batik merupakan warisan budaya yang asli dari Indonesia yang patut dibanggakan dan kita perlu untuk ikut serta menjaga dan melestarikannya. Kota Kediri lebih dikenal dengan citra khasnya sebagai kota tahu dan getuk pisang. Namun ternyata Kediri mempunyai potensi yang luar biasa dalam bidang kerajinan batik, dari segi kualitas produk, Batik Kediri tidak kalah dengan produk batik dari daerah lainnya. Satu lagi kerajinan kain khas kediri adalah Batik Tulis Dermo. Ciri khas batik hasil kerajinan tangan para ibu rumah tangga ini adalah berbagai kesenian dan ikon Kediri tergambar di setiap pola kain batik tulis ini, seperti Jaranan, Burung Wilis Mukti, dan Simpang Lima Gumul.

Perajin batik saat ini memang hampir ada di semua daerah. Mereka berlomba-lomba menawarkan produk dengan tema tertentu khas daerah masing-masing. Jaranan merupakan ikon yang ada di Kota Kediri, dewasa ini telah gencar di promosikan di berbagai bidang. Salah satunya yakni dengan batik, seperti halnya sentra UKM Batik di Kelurahan Dermo Kota Kediri, yang mengambil tema jaranan sebagai motif khas di setiap pengerjaannya.

Batik yang saat ini telah menjamur ke berbagai kalangan dari anak-anak sampai dewasa, menjadi latar belakang gabungan kelompok pengrajin ini, untuk memperkenalkan ciri khas daerahnya. Dengan bermodalkan kain, canting, kompor dan malam, anggota Dermo Batik ini telah memasarkan produk batiknya, tak hanya di Indonesia namun juga ke mancanegara, dengan sistem pemasaran online.

Source http://agtvnews.com/ http://agtvnews.com/2016/10/batik-kediri-motif-jaranan.html
Comments
Loading...