Batik Kediri Motif Garuda

0 1.001

Batik sekarang sudah diakui menjadi Warisan Budaya Dunia oleh PBB dan batik sudah menjadi simbol tersendiri bagi bangsa Indonesia. Hampir di seluruh daerah di Indonesia memiliki batik dengan motif khas masing-masing termasuk kota Kediri, Jawa Timur.

Motif utama dalam Batik Kediri adalah gambar Burung Garuda. Dalam kajian sejarah, Burung Garuda sering disebut sebagai Garuda Muka, kendaraan Dewa Wisnu. Ada pula yang menyebut, Garuda Muka (Garuda Mukha) adalah Lambang Kerajaan Airlangga. Perpaduan gambar Garuda dengan lekukan garis-garis, sulur-suluran serta titik-titiknya begitu luwes. Warna batiknya pun sangat variatif. Saat ini batik ini dikenal sebagai salah satu souvenir khas Kediri. Ada motif Garuda Muka Teratai Mekar, Garuda Muka Mukti, Garuda Muka Ukel, Garuda Muka Ukel serta Garuda Muka Liris. Kesemuanya menampilkan Burung Garuda sebagai ikon utamanya. Perbedaan ada kepakan sayap garuda dan point of view serta variasi bunga dan sulurnya.

Motif Garuda Muka Sekar Jagad, adalah motif yang menampilkan sosok garuda. Pada batik ini ada gambar kotak-kotak yang mewakili bentuk tahu (Kediri penghasil tahu takwa). Ada pula bulatan-bulatan sebagai penggambaran gethuk (Kediri penghasil gethuk pisang). Produk batik dari sentra kerajinan batik Kediri akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Upaya yang bisa dilakukan oleh Pemda setempat yaitu mewajibkan PNS dan siswa sekolah untuk mengenakan seragam Batik Kediri pada hari kerja atau hari sekolah.

Source Batik Kediri Motif GarudaBatik Kediri Motif Garuda Batik Kediri
Comments
Loading...