Batik Kediri Motif Gapuro Tanjung Kodok

0 354

Batik merupakan hasil karya leluhur bangsa Indonesia. Kesenian batik ini sangat berkaitan erat dengan kerjaan majapahit dan perkembangan agama islam di pulau jawa. Pada awalnya, kegiatan membatik ini hanya dilakukan di dalam kalangan keraton. Pakaian batik hanya di kenakan oleh para kalangan keraton yaitu raja, keluarga raja, dan pengikutnya. Melalui para pengikut keraton inilah batik dapat tersebar di luar keraton dan berkembang sampai saat ini.

Perkembangan batik tidak hanya di Pulau Jawa. Batik menyebar dan berkembang sampai seluruh Indonesia. Perkembangan batik tersebut menghasilkan motif dan corak baru di setiap daerah. Tidak heran kalau setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan corak yang berbeda-beda. Salah satu motif batik yang saat ini cukup terkenal adalah motif batik yang berasal dari Lamongan.

Lamongan mempunyai cukup banyak motif dan corak yang biasa disebut dengan batik sendang. Dinamakan batik sendang karena sentra batik Lamongan trdapat di Desa Sendang. Ciri khas batik lamongan adalah batik Sendang dengan Motif Gapuro Tanjung Kodok.

Motif Gapuro Tanjung Kodok

Motif Gapuro Tanjung Kodok ini menggambarkan suatu tempat yang ada disekitar Desa Sendang, Lamongan. Tempat tersebut di pinggir laut yang terdapat batu besar dimana batu tersebut membentuk seperti kodok dan diatas batu tersebut terdapat gapuro (gapura) kecil. Tempat tersebut sekarang dijadikan tempat pariwisata yang dikenal dengan nama Wisata Bahari Lamongan.

Source Batik Kediri Motif Gapuro Tanjung Kodok Batik Lamongan
Comments
Loading...