Batik Kebumen Motif Beras Wutah

0 442

Kota Kebumen yang terletak di Jawa Tengah bagian barat ternyata juga memiliki kerajinan Batik Kebumen. Secara sekilas Batik Kebumen tidak jauh berbeda dengan batik dari daerah lain yang sudah terkenal, namun Batik Kebumen mempunyai ciri khusus pada motifnya. Batik Kebumen mencapai masa keemasannya. Saat itu batik tulis menjadi komoditas unggulan. Seluruh wilayah di kabupaten ini memproduksi batik. Batik Kebumen pada tahun 2004 sempat terpuruk namun kini perlahan mulai bangkit lagi.

Batik Kebumen berbeda dengan keberadaan batik di daerah lain yang masing-masing memiliki latar dan pengaruh dari berbagai unsur, sehingga batik dapat berkembang sebagai sebuah simbol budaya, adat istiadat dan spiritual. Batik Kebumen lebih berkembang sebagai murni seni batik yang menekankan pada nilai artistik bukan pada nilai filosofi yang bermakna nilai moral dan harapan-harapan dan justru menunjukkan keunikannya sendiri. Batik Kebumen yang berorientasi pada alam (ekologis), menggambarkan masyarakat Kebumen yang bersahaja dan sangat menghormati kehidupan yang ditawarkan oleh alam. Batik Kebumen memiliki motif yang beraneka ragam hingga ratusan motif. Sebagian besar bercorak flora, fauna, dan geometri. Salah motif batik yang ada di Kebumen adalah Motif Beras Wutah.

Motif Beras Wutah

Beras Wutah dalam bahasa Kebumenan berarti beras tumpah. Motif batik beras wutah didominasi dengan warna putih sebagaimana beras yang tercecer. Warna dasar nya adalah coklat, sedangkan motif daun-daunan baik bermotif biru tua dan putih. Tapi kalau dicermati ternyata bukan motif daun-daunan tetapi sepertinya motif burung sedang mematuk beras yang tumpah.

Source Batik Kebumen Motif Beras Wutah Batik
Comments
Loading...