Batik Kebumen Miliki Kekuatan Ciri khas

0 180

Batik Kebumen Miliki Kekuatan Ciri khas

Inovasi yang terdapat di dalam Batik Tulis khas Kebumen harus terus dilakukan agar tidak mengalami stagnasi. Akan tetapi pengembangan batik tulis sebaiknya tetap mempertahankan ciri khas yang dimiliki Batik Kebumen sangat Kebumen Banget. “Inovasi batik jangan sampai menghilangkan akar sejarah batik tulis Kebumen yang turun temurun,” kata Bupati Kebumen Buyar Winarso saat meninjau pelatihan membatik digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Kebumen di Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

Batik Tulis Kebumen memiliki keunikan corak dan warnanya secara umum, motif yang dituangkan dalam batik sebagian berasal dari alam seperti bunga yang tumbuh di halaman, daun hingga makanan khas. Motif-motif batik yang berkembang antara lain Jagatan, Sirkit, Kawung Jenggot, Ukel Cantel, Gringsing, dan Pugeran.

Motif Jagatan dan Sirkit harganya cukup tinggi lantaran memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sedangkan warna-warna khas batik Kebumen seperti biru, merah, ungu, cokelat, hijau, dan kuning. Dengan ciri khas  yang dimiliki oleh Batik khas Kebumen maka akan banyak orang yang mengetahui dan tertarik untuk mengoleksi batik dari Kabupaten Kebumen.

Source http://kabar7.com/home http://kabar7.com/detail/batik-kebumen-miliki-kekuatan-ciri-khas/2178/2014-05-04
Comments
Loading...