Batik Kebumen Jadi Perhatian Kerajaan Thailand

0 189

Batik Kebumen Jadi Perhatian Kerajaan Thailand

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang patut untuk dilestarikan. Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ragam batik yang mempesona dengan filosofinya masing-masing. Bila dihitung jumlah batik tidaklah sedikit, sebab perkembangan zaman membuat batik selalu berinovasi. Namun ada salah satu jenis batik dari Kebumen yang memikat kerajaan Thailand, yakni Batik Sirikit. “Jenis batik tentunya ada ribuan tidak bisa disebutkan karena banyak yang baru. Contohnya saja Kebumen, di situ ada nama Batik Sirikit sampai kerajaan Thailand mempelajari itu,” ujar Laretna T. Adishakti, Dewan Pakar Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad.

Bahwa kesamaan nama Sirikit dengan permaisuri Kerajaan Thailand pada waktu itu mengundang rasa penasaran Kerajaan Thailand yang ingin melihat langsung batik tersebut. Sehingga mereka mengirimkan utusan ke Indonesia. Saat mereka balik ke negaranya banyak yang meniru dan diterima dengan baik. Motif pada batik tersebut memiliki aksen, seperti garis-garis dan bunga. Kendati demikian, semua daerah memiliki keistimewaan pada batiknya masing-masing.

Sementara, untuk harga tertinggi, Batik Pekalongan masih unggul. Harga batik Pekalongan mencapai sekitar Rp. 30 juta karena memiliki tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya dengan motifnya yang kecil-kecil.

Source https://www.viva.co.id/ https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/830005-ketika-batik-kebumen-jadi-perhatian-kerajaan-thailand
Comments
Loading...