Batik Kebumen adalah Batik Indonesia yang Bersahaja

0 259

Batik Kebumen adalah Batik Indonesia yang Bersahaja

Batik Indonesia terutama batik yang berasal dari Pulau Jawa adalah kerajinan bernilai seni tinggi dan berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit serta kekuasaan lain sesudahnya. Dalam sejumlah kajian, terurai bahwa perkembangan batik banyak terjadi pada masa-masa kerajaan Mataram, Solo, dan Yogyakarta. Berdasarkan motif batik, sebenarnya dapat dilihat cerminan kehidupan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sebab, kain dan motif batik khas Kebumen memiliki ciri khas yang unik.

Batik Kebumen tidak seperti batik lain yang berasal dari daerah Jawa Tengah biasanya memiliki motif dengan arti filosofis yang tinggi. Motif batik di Kebumen terbilang lebih sederhana dengan dominasi Motif Tumubuhan. Karena Motif Batik Kebumen jauh lebih bersahaja tidak bermain dengan filosofi atau simbol dan batik ini juga sebagai ungkapan seni dari kehidupan sehari-hari.

Ciri selanjutnya yang khas dari batik Kebumen adalah warna batik yang cenderung gelap, tak seperti warna batik pesisir yang umumnya bewarna cerah. Salah satu Motif Batik Kebumen yang terkenal adalah Motif Gringsing, yang terkenal sampai kancah internasional karena kehalusannya. Pusat batik yang terkenal di Kebumen, berada di Kampung Gemek Sakti dan Tanuraksan.

Source http://www.kompas.com/ http://lifestyle.kompas.com/read/2015/09/19/135405720/Batik.Kebumen.adalah.Batik.Indonesia.yang.Bersahaja
Comments
Loading...