Batik Karya Perancang Indonesia Mendunia, Dikenal Hingga ke Bangladesh

0 23

Batik Karya Perancang Indonesia Mendunia, Dikenal Hingga ke Bangladesh

Batik Indonesia menjadi primadona di Bangladesh. Identitas Tanah Air ini disebut memiliki potensi yang menjanjikan untuk dipasarkan di Bangladesh. Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Indonesia untuk Bangladesh merangkap Nepal, Rina Soemarno, menuturkan bahwa hal tersebut dikarenakan batik cukup dikenal oleh penduduk lokal.

Batik pun telah identik dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di Bangladesh. Orang-orang Bangladesh bangga memakai batik Indonesia karena mereka merasa seperti priyayi saat mengenakannya. Karena itulah, pihak KBRI Dhaka berupaya melakukan match making antara pengusaha Indonesia dan Bangladesh.

Untuk dapat mendirikan beberapa butik batik di Bangladesh. KBRI Dhaka juga menyelenggarakan acara “Indonesian Batik Festival” pada 21-22 November untuk mempromosikan batik-batik dari penjuru Indonesia kepada orang- orang di Bangladesh, termasuk warga lokal.

Dalam pameran tu, KBRI Dhaka mengadakan beberapa kegiatan, antara lain peragaan busana (fashion show) batik, talk show tentang batik, lokakarya membuat batik, serta pameran dan penjualan batik Indonesia. Selain itu, “Indonesian Batik Festival” juga mendatangkan perancang Indonesia yang pernah menjadi kurator untuk Jakarta Fashion Week 2018, Ai Syarief.

Karya-karya pria 53 tahun itu yang dipampang dalam pameran batik– terdiri dari bahan, tas tangan, kemeja, jas, gaun, baju atasan wanita, dan sebagainya. Batik buatan Ai pun diperagakan melalui peragaan busana oleh para model asal Bangladesh.

Di samping itu, para pengunjung pameran dapat memperoleh pengetahuan lebih banyak tentang batik dengan mengikuti talk show, juga membelinya dengan harga terjangkau. Ada pula lokakarya untuk memberitahu warga Bangladesh cara pembuatan batik.

Presiden Dewan Perancang Busana Bangladesh, Maheen Khan hadir dalam acara tersebut menilai bahwa ada pasar yang potensial bagi produk batik Indonesia di Bangladesh. Indonesia memainkan peran penting dalam mempromosikan batik di pasar global.

Para perancang Bangladesh sangat senang menggunakan batik, karena berkaitan dengan warisan budaya dan sejarah bangsa Indonesia. Maheen berpendapat bahwa Indonesia perlu mengadakan lebih banyak lokakarya dan pameran tentang batik. Agar orang-orang Bangladesh bisa benar-benar mengetahui batik secara luas dan memahami kompleksitas batik.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/global/read/3721563/batik-karya-perancang-indonesia-mendunia-dikenal-hingga-ke-bangladesh?source=search
Comments
Loading...