Batik Karya Difabel Di Solo

0 79

Batik Karya Difabel Di Solo

Kreatif, bernilai lewat proses, dan sarat akan tradisi budaya, tersampaikan dari produk batik karya Ayu Tri Handayani.

Penyandang disabilitas asal Kota Solo yang berhasil menciptakan brand produk batik sendiri, berlabel Batik Tulis Kaki. Lewat brand tersebut, Ayu menawarkan kreasi batiknya yang tergambar menggunakan kakinya.

“Awalnya dulu hanya normatif lewat pelatihan membatik di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta, tahun 2007, tepatnya saat saya lulus SMP,” katanya kepada TribunSolo.com, saat ditemui di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo.

Keterbatasan fisik pun sama sekali tidak menghentikan langkahnya. Terus berproses, dan berkarya, hingga menjadi pengrajin batik, pada 2011 brand Batik Tulis Kaki pun tercipta, dan dijual melalui daring (online).

Motif modern menjadi fokusnya, di mana lebih menekankan pada detail corak bunga serta daun serta warna-warna cerah. Siapa sangka batik karyanya tersebut dapat terjual mulai harga Rp 2,5 juta hingga Rp 15 juta.

“Karena memang metode membatik saya yang menggunakan kaki karena keterbatasan fisik tersebutlah menjadi nilai tambah tersendiri,” imbuh perempuan berusia 27 tahun.

Sementara saat ini pihaknya mengaku terkendala pada proses pewarnaan karena memang pihaknya tidak bisa melakukan sendiri. Ditambah juga, proses membatik yang Ayu lakukan dapat memakan waktu tiga bulan hingga empat bulan.

Walaupun demikian, Batik Tulis Kaki memiliki stok yang terdiri dari 12 motif modern dan dapat dipesan.

“Menjadi pengrajin batik mendorong saya untuk terus menjadi pribadi yang kuat serta mandiri, dan disabilitas bukanlah penghalang untuk kreativitas,” tutupnya.

Source http://solo.tribunnews.com http://solo.tribunnews.com/2019/02/26/ayu-tri-handayani-difabel-asal-solo-yang-hasilkan-batik-tulis-kaki-bernilai-belasan-juta-rupiah
Comments
Loading...