infobatik.id

Batik Karya Difabel Di Situbondo

0 11

Batik Karya Difabel Di Situbondo

Wanita Difabel asal Situbondo ini memiliki banyak piagam pelatihan keterampilan dari Dinas Sosial (Dinsos), hal ini membuat perempuan berparas cantik ini sedang giat menekuni batik tulis. Perempuan tuna wicara dan rungu ini mencorak batik sesuai dengan tema yang diinginkan pembeli. Dia adalah Devi Putriani, warga Dusun Lugundang Barat Desa Talkandang Kecamatan Kota. Penyandang difabel berusia 30 tahun ini telah menerima berbagai piagam penghargaan pada ajang batik. Piagam terbartu, ia dapat saat mengikuti pameran membatik dari Dinsos Provinsi Jawa Timur.

Sesekali Devi Putri, anak pertama pasangan Hamam dan Dewi Sutini, terlihat berbicara menggunakan bahas isyarat dengan Kepala Dinas Sosial, Lutfi Joko Prihatin, dirinya tak terlihat canggung meski kondisinya tak seperi teman sebanyanya

Keterampilan membatik ini, didapat saat mengikuti pelatihan batik dari dinas terkait. Kini, hasil karya membatik tulis Devi mampu menghasilkan rezeki jutaan rupaih dalam satu tahun. Ayah Devi, hamam, menjelaskan, corak dan tema yang dibatik oleh anaknya menyesuaikan pesanan para pembeli. Satu kain hasil matiknya, diharga Rp 200 hingga Rp 300 ribu, untuk batik super hasil karya Devi bisa di harga hingga Rp 1,5 juta. Kadis Dinas Sosial Situbondo Lutfi Joko Prihatin, menjelaskan, hasil karya anak binaan di Dinas Sosial bagi penyandang difabel akan diusahakan untuk dipasarkan. Hasil karya kaum difabel asal Situbondo ini, mempunyai nilai saing dengan batik daerah lain. Memiliki harga ekonomis, batik produksi Devi kini banjir pesanan dari beberapa kota khusunya Denpasar Bali.

Source https://kerajinanindonesia.id/ https://kerajinanindonesia.id/kerajinan-batik-karya-difabel-di-situbondo/
Comments
Loading...