Batik Kartini Jepara

0 411

Batik Kartini Jepara

Kota Jepara merupakan Kota dimana tokoh pahlawan wanita R.A Kartini dilahirkan. Selain sebagai tempat kelahiran Kartini, Kota Jepara juga dikenal sebagai Kota yang memiliki seni ukir yang sudah ada sejak zaman dahulu. Walaupun belum banyak dikenal orang namun Kota Jepara ini juga memiliki industri kesenian batik. Seni pembuatan kain dan juga berbagai macam model baju batik di daerah ini memang belum berkembang pesat seperti daerah batik lainnya yang ada di Pulau Jawa. Namun sebenarnya seni batik yang ada di daerah Jepara ini telah ada sejak lama dan bahkan telah ada sejak zaman Ibu R.A Kartini masih hidup.

Motif batik yang dibuat di daerah ini juga banyak yang menyebutnya sebagai motif batik Kartini. Kebudayaan pembuatan baju batik di daerah ini pada masa lalu merupakan seni yang tidak lepas dari peran seorang Ibu Kartini. Pada masa tersebut Kartini biasa memberikan pelajaran tentang berbagai macam motif batik dan juga cara membuat batik yang baik dan benar di pendopo rumahnya. Pada masa itu Kartini juga menulis buku tentang batik dalam bahasa Belanda sehingga batik menjadi lebih dikenal oleh bangsa Belanda. Motif batik yang berasal dari daerah Jepara ini pada awalnya berupa motif batik bunga kantil, motif batik parang gondosuli, dan juga motif batik srikaton.

Motif batik Kartini adalah motif batik yang memiliki gaya batik mataraman. Namun motif batik yang dibuat di daerah Jepara ini berbeda dengan motif batik yang ada di Solo dan Jogja. Motif batik di Jepara ini lebih dikenal dengan nama motif batik Srigunung. Motif batik lainnya yang ada di daerah Jepara adalah motif batik lung hitam sogan, motif batik yang memperlihatkan bentuk tumbuhan dan juga hewan di alam seperti gajah, kembang alas, motif batik elung bimo kurdo, motif batik sido arum, batik daun ulir putih dan lain sebagainya.

Source Batik Kartini Jepara Batik
Comments
Loading...