Batik Karawang Menjadi Idola Baru

0 27

Batik Karawang Menjadi Idola Baru

Batik Karawang motif padi, gendang, candi, dan jaipong disebut bakal menjadi warna baru bagi dunia fashion. Motif ini menjadi pembeda dari batik dari luar Karawang. Karena terinspirasi dari kekayaan yang dimiliki kabupaten berjuluk Kota Pangkal Perjuangan.

Setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Tapi Karawang berbeda, Karawang punya ciri khas jaipong, padi, gendang, Candi Jiwa, dan Candi Blandongan. Ini akan menjadi sesuatu yang baru. Dengan mengusung warna yang kalem seperti biru, hitam, dan cokelat, juga desain yang simpel, Batik Karawang akan mudah diterima masyarakat internasional.

Dalam pameran inacraff di Jakarta baru-baru ini, buyer asal Jepang menyatakan minatnya untuk memsarkan batik Karawang di negeri Sakura. Ternyata responnya cukup positif, malah kita sudah dapat buyer dari Jepang untuk memasarkan batik Karawang disana.

Handy juga mendapat undangan pameran di Italia. Pada kesempatan  tersebut ia juga akan memboyong batik Karawang ke tanah Eropa. Pertemuan dengan Bupati Karawang Cellica Nurachadiana beberapa waktu lalu menjadi inspirasi dirinya berkarya untuk tanah kelahiran.

Saat itu, Cellica mendorong Handy untuk membuat batik yang mengusung budaya kabupaten berjuluk lumbung padi ini Jadi bupati minta saya mempromosikan kampung halaman sendiri. Cellica banyak memberikan ide motif batik Karawang. Ia kemudian mendatangi beberapa tempat untuk mencari inspirasi.

Source https://regional.kompas.com/ https://regional.kompas.com/read/2018/05/03/19465421/desainer-batik-karawang-bakal-jadi-idola-baru
Comments
Loading...