Batik Karanganyar Diminati Pasar Luar Negeri

0 48

Batik Karanganyar Diminati Pasar Luar Negeri

Jenis Batik Karanganyar dipengaruhi oleh selera konsumen dan perubahan waktu maupun model, maka perkembangan industri batik yang ada di Kabupaten Karanganyar juga mengalami perkembangan yang cepat, baik menyangkut rancangan, penampilan, corak dan kegunaannya, disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

Motif Batik Karanganyar masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Sejarah dan pengembangannya batik di Kabupaten Karanganyar mengalami perkembangan yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Sentra produksi batik di Kabupaten Karanganyar dijumpai di Kecamatan Matesih, Jaten, Gondangrejo dan Karanganyar. Dari sisi permintaan, peluang usaha di bidang industri batik masih terbuka luas dan sangat menguntungkan para perajin batik di Karanganyar.

Batik Karanganyar paling terkenal yaitu dari Desa Girilayu, Kecamatan Matesih. Batik yang dihasilkan di sini adalah batik halus kualitas tinggi yang melalui pencantingan oleh perajin yang telah turun temurun mengerjakan batik sejak zaman Kerajaan Mangkunegaran sehingga sudah teruji kualitasnya. Walaupun kebanyakan pekerjaan membatik sekarang ini masih merupakan pekerjaan sampingan, tapi pengerjaannya dilakukan dengan sepenuh hati sehingga kualitasnya tetap terjamin dengan baik. Motif batik yang terdapat di Sentra Pembatikan Girilayu banyak sekali. Sebagian besar mendapat pengaruh langsung dari motif batik Surakarta. Beberapa motif yang dihasilkan oleh pembatik di Desa Girilayu yaitu batik motif wirasat, motif wahyu tumurun, motif usus-usus, motif debyah, motif cakar, motif mahkota raja, motif kencar-kencar dan lain sebagainya. Proses pewarnaan menggunakan pewarna sintetis dan pewarna alam. Motif yang dihasilkan lebih banyak motif tradisi yang masih banyak dipakai di acara pernikahan dengan adat Jawa.

Salah satu perajin batik Warti mengakui jika sudah puluhan tahun menekuni batik tulis. Usaha ini merupakan turun temurun dari leluhurnya. Setiap bulan dirinya mampu membatik sedikitnya 10 buah. Hasil karyanya sudah di kirim ke berbagai kota besar bahkan luar negeri. Adapun harga batik khas Karanganyar antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 3 jutaan. Batik Karanganyar mempunyai kualitas tinggi sehingga harganya lumayan mahal.

Source http://www.berita10.com/ http://www.berita10.com/2016/02/batik-karanganyar-diminati-pasar-luar-negeri/
Comments
Loading...