Batik Karah Surabaya Mahal karena Setiap Kain Beda Motif Cerita

0 73

Batik Karah Surabaya Mahal karena Setiap Kain Beda Motif Cerita

Batik Karah Surabaya, berbeda dengan batik-batik lainnya, terutama dari motifnya. Karena setiap motif pada batik karah mempunyai filosofi tersendiri, dan bercerita. Batik karah ini motifnya mempunyai filosofi dan ceritanya masing-masing, itu yang membedakan dengan batik-batik lainnya. Misalnya, batik cerita lebaran, batik dunia laut dan lainnya.

Dari sebelum diresmikannya Sentra Batik karah oleh Disperindag, sudah ada komunitas batik karah yang anggotanya dari pelukis dan orang design. Setelah itu ada pelatihan-pelatihan dari Disperindag sekitar 2 – 3 tahun yang lalu, sehingga menjelma menjadi kampung batik. Batik karah ini panjangnya 2 meter dan dijual dengan harga kisaran Rp 1 juta, tergantung dari motif, semakin bagus dan sulit motif batiknya semakin mahal harga kainnya.

Untuk warna, batik karah tidak mempunyai ciri khusus. Pemasaran batik karah melalui pameran dan gallery-gallery yang ada di Bandara Juanda, Cito dan di Merr. Pembuatan batik karah menggunakan batik tulis, karena kalau menggunakan cap motifnya hanya itu-itu saja dan orang mudah merasa bosan. Kalau menggunakan batik tulis setiap batik karah mempunyai motif yang berbeda-beda.

Limbah dari pembuatan batik karah di kumpulkan jadi satu dan di netralkan, setelah di netralkan di jadikan tawas. Bahkan, inovasi dalam membatik pun ditemukan mereka. Pertama, pembatik menggunakan penerangan lampu di bawah media, sehingga bisa terang saat membatik tapi tidak silau, dan mereka menemukan canting elektrik, sehingga tidak perlu berkali-kali mengambil lilin yang diencerkan.

Source https://www.bangsaonline.com/ https://www.bangsaonline.com/berita/27726/batik-karah-surabaya-mahal-karena-setiap-kain-beda-motif-cerita
Comments
Loading...