Batik Kapuas Hulu Memiliki Hak Cipta

0 255

Batik Kapuas Hulu Memiliki Hak Cipta

Sudah ada sebanyak enam Motif Batik khas Kabupaten Kapuas Hulu sudah ada hak ciptanya. HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) ini dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM (Menkumham) RI. Untuk mendapatkan HAKI ini tidak mudah dan memerlukan proses panjang. Bahkan untuk mendapatkan hak cipta tersebut pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu harus menunggu sekitar satu tahun. Namun berkat kesabaran menunggu, akhirnya hak cipta tersebut keluar. Dengan telah keluarnya HAKI tersebut, maka Kabupaten Kapuas Hulu sekarang sudah memiliki motif batik khas sendiri. Bahkan motif tersebut ada enam jenis. Enam motif ini lah yang nanti menjadi ciri khas Kabupaten Kapuas Hulu.

Motif-motif ini dipilih dari juara 1 sampai juara 6 lomba mendesain Motif Batik khas Kapuas Hulu yang digelar beberapa tahun lalu. Lomba ini digelar Dewan Kerajinan Dewan Daerah (Dekranasda) Kapuas Hulu yang mana ketuanya Erlina Wati Nasir, bekerja sama dengan Disperindagkop Kapuas Hulu. Adapun keuntungan dengan dikeluarkannya HAKi ini, Kapuas Hulu berarti sudah memiliki dasar hukum untuk memperbanyak batik motif tersebut. Baik dalam skala besar melalui pabrik maupun kerajinan tenun. Selain itu, Kapuas Hulu pun dapat memprotes atau mengklaim, apabila ada daerah lain yang menggunakan motif yang sama.

Dengan telah keluarnya HAKI ini merupakan dasar kita untuk menentukan Motif Batik Kapuas Hulu. Dari keenam Motif Batik ini nantinya terserah mau memakai yang mana. Dengan telah diakuinya, maka kedepan dimungkinkan salah satu Motif Batik tersebut akan dijadikan pakaian PNS Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Minimal sehari dalam seminggu.

Source Batik Kapuas Hulu Memiliki Hak Cipta Batik
Comments
Loading...