Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style

0 2.754

Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style

Setiap budaya di Indonesia memiliki batik, tetapi yang paling laris diminati oleh para pengunjung setia pada batik adalah corak Batik Khas Kalimantan. Dalam hal ini Batik Khas Kalimantan Utara, selain Batik Motif Kalimantan Utara juga ada macam macam Batik Balimantan: Motif Batik Dayak Kalimantan Tengan, Motif Batik Kalimantan Timur, Batik Kalimantan Barat hingga Batik Kalimantan Selatan. Dan tentu semuanya memiliki penjelasan (keterangan) dan makna yang sarat akan filosofis.

Batik Khas Kalimantan Utara diyakini akan menjadi Trending Style pada tahun 2015 sebagai model batik dengan corak yang unik dan indah. Berikut adalah Keunggulan Batik Kalimantan Utara:

  • Memiliki Corak yang Beragam

Setiap batik pada dasarnya memiliki corak yang beragam. Hal ini dilatarbelakangi oleh tempat dan gaya selingkung dari masing daerah. Keunggulan dari Batik Kalimantan Utara sebagai Provinsi Termuda terletak pada corak batiknya yang beragam. Beragam maksudnya setiap corak Batik Kalimantan secara keseluruhan telah dimodifikasi dalam satu jenis Batik Kalimantan Utara yang mana batik ini dikenal dengan sebutan Batik Borneo.

  • Memiliki Motif  Lebih Halus

Batik Kalimantan Utara memiliki motif yang lebih halus dari motif batik lainnya. Melalui beberapa tahapan dan proses yang panjang. Kain Batik Borneo ini juga pada saat pembuatannya dan pengolahan bahan tidak semerta-merta langsung siap di buat, namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan yaitu mengenai jenis kain atau media pembuatan batiknya. Kain yang digunakan adalah kain yang memiliki kualitas tinggi.

  • Memiliki Tekstur yang Dingin

Kain Batik Kalimantan Utara ini juga selain motifnya yang halus, ia juga memiliki tekstur yang dingin. Sehingga pada saat digunakan kita akan merasa nyaman dan adem sepanjang hari. Kenyamanan dalam menggunakan pakaian adalah hal yang utama.

  • Memiliki Filosofi Tinggi

Dalam corak dan Motif Batik, seharusnya memiliki nilai dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Dalam Batik Kalimantan Utara (Batik Borneo) ini memiliki banyak corak yang berupa logo dan simbol yang mengisyaratkan tentang keberadaan etnis dan budaya yang ada di Kalimantan. Dengan adanya penggambaran dalam bentuk Motif Batik akan lebih memperkaya khasanah budaya Kalimantan yang nantinya akan menjadi trending style di tahun 2015.

Source Batik Kalimantan Utara Sebagai Trending Style Batik
Comments
Loading...