Batik Kalimantan Timur

0 4.775

Motif Batik Kalimantan Timur

Batik Kalimantan Timur dibuat dengan cara teknik penjahitan dan ikatan yang ditentukan oleh beberapa faktor. Selain faktor komposisi warna dan efek yang timbul, ada juga dari jenis benang atau jenis bahan pengikat yang digunakan. Dengan mengkombinasikan motif dan corak asli batik yang satu dengan yang lainnya. Maka batik akan menarik dan kelihatan modern.

Motif ini dimodifikasi oleh pengrajin berpengalaman, sehingga dapat menciptakan batik dengan motif yang sangat indah dan modern. Namun tetap tidak meninggalkan ciri khasnya. Seperti batik Kalimantan Timur yang memiliki warna-warna yang lebih unik dan berani, sehingga sangat indah dipandang. Perpaduan warna seperti hijau, pink, orange dan merah menjadi salah satu ciri khas motif batik Kalimantan Timur.

Motif batik Kalimantan Timur banyak berasal dari suku Dayak yang sudah mendiami Kalimantan dari dahulu. Seperti motif batang garing yang menjadi simbol pohon kehidupan bagi suku Dayak, motif mandau yang berasal dari senjata khas suku Dayak. Ada juga motif burung enggau yang merupakan burung khas kalimantan, serta masih banyak yang lainnya. Motif pada batik dayak mencerminkan budaya masyarakat Dayak, dimana Dayak yang mempunyai arti “sungai”. Sehingga batik ini menggambarkan bermacam-macam aktivitas yang sering berkaitan dengan sungai.

Bahan Pembuatan Batik Kalimantan Timur

Batik Kalimantan Timur terbuat dari beberapa macam bahan. Ada yang dari sutra, semi sutra, serat sutra, serat nanas, katun dan doby, atau yang biasa dikenal dengan nama ulap doyo. Bahan sutra menjadi bahan unggulan karena banyak dipilih menjadi bahan kain batik yang diminati masyarakat atau wisatawan yang datang.

Sutra memang jenis kain yang memiliki kualitas baik, karena kainnya yang lembut dan adem dikulit. Wajar jika harga kain ini termasuk tinggi. Untuk kain dengan bahan serat nanas, biasa dikenal sebagai bahan mengkilap yang mempunyai ciri khasnya tersendiri. Biasanya bahan ini digunakan untuk batik bagian atas saja, seperti baju.

 

Source Batik Kalimantan Timur Batik
Comments
Loading...