Batik Kalimantan Barat Motif Insang

0 1.077

Batik Kalimantan Barat Motif Insang

Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang perlu dilestarikan dan tentunya harus dikembangkan. Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Salah satu variasi motif yang ada di indonesia adalah Batik Kalimantan Barat. Batik khas Kalimantan mempunyai motif yang tidak kalah dari motif-motif yang ada di Pulau Jawa. Motif Batik Kalimantan terlihat indah dengan gaya natural dan pemilihan komposisi warna yang bagus.

Kota Pontianak juga memiliki kain batik yang bercorak Insang. Kain ini biasanya dipergunakan untuk melengkapi pakaian tradisional. Untuk kaum perempuan digunakan dengan baju kurung sedang untuk laki-laki digunakan untuk telok belanga. Kain ini biasanya digunakan pada acara-acara tradisional seperti perkawinan.

Beragam Motif Corak Insang yang dibuat antara lain: Insang Berantai, Insang Bertangkup, Insang Delima, Insang Awan, Insang Berombak, dan Insang Bertapak Besar. Motif Corak Insang tak hanya melekat pada pakaian saja, tas, dompet, sendal, sepatu, dan aksesoris lainnya, juga banyak yang menggunakan Motif Corak Insang.

Baru-baru ini mulai dari Pegawai Negeri Sipil hingga murid sekolah mengunakan baju bercorak insang ini. Bahkan, corak ini menjadi identitas Kota Khatulistiwa. Bahkan beberapa designer dari Kota Pontianak mulai memadu-padankan corak insang ini ke dalam design pakaiannya dan dipamerkan hingga ke tingkat nasional dan internasional.

Source Batik Kalimantan Barat Motif Insang Batik
Comments
Loading...