Batik Kalimantan Barat Motif Dayak

0 63

Batik Kalimantan Barat Motif Dayak

Sebenarnya alih-alih sejarah, asal-muasal batik kalimantan lebih mirip hikayat. Sebagian besar orang percaya kalau batik kalimantan dibuat kali pertama saat Patih Lambung Maskurat melakukan pertapaan. Lambung Maskurat melakukan tapa di atas sebuah rakit balarut banyu selama 40 hari 40 malam. Pada akhir masa tapa, rakit tadi sampai di Rantau Kota Bagantung. Di hadapan Lambung Maskurat lantas muncul buih yang dibarengi suara wanita yang dipercaya sebagai Putri Junjung Buih.

Namun, putri pemilik suara tersebut baru mau muncul lalau Lambung Maskurat memenuhi beberapa syarat. Di antaranya membuat Istana Bantung dengan kain yang harus Lambung Maskurat selesai buat dalam waktu satu hari saja. Lantas kain tersebut juga bukan sembarang kain, karena proses penenunan dan pewarnaannya dilakukan oleh 40 orang putri. Pola Wadi atau Padiwaringin pun dipilih untuk kain tadi. Hikayat ini lantas jadi sejarah batik Kalimantan Barat atau disebut dengan kain calapan atau sasirangan.

Batik Motif Dayak

Dayak merupakan salah satu suku paling terkenal di Indonesia yang tinggal di Kalimantan. Lantas budaya dari suku tersebut pun mempengaruhi corak dalam batik khas Kalimantan Barat. Namun, kita harus minta izin dahulu pada kepala adat atau suku setempat. Setidaknya ada tiga hal yang mempengaruhi corak Dayak, yaitu alam, religius, dan hal-hal yang hanya bisa ditemukan pada suku itu.

Source http://ariswahyum.web.ugm.ac.id http://ariswahyum.web.ugm.ac.id/batik-kalimantan-barat-dan-penjelasannya
Comments
Loading...