Batik Kalimantan Barat Motif Awan Berarak

0 712

Batik Kalimantan Motif Awan Berarak

Batik khas Kalimantan mempunyai motif yang tidak kalah dari motif-motif yang di Pulau Jawa. Motif Batik Kalimantan terlihat indah dengan gaya natural dan pemilihan komposisi warna yang bagus. dalam pengembangannya terdapat kendala yang dihadapi oleh designer batik di Kalimantan Barat yaitu menciptakan motif dengan variasi yang beragam yang membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya.

Batik bercorak dari etnis Melayu memiliki kesan yang lebih meriah. Bentuknya beragam dan jauh dari kesan sederhana. Kebanyakan corak batik Melayu didominasi gambar bunga dan binatang, seperti ikan arwana. Warna yang ditawarkan Batik Melayu pun lebih cerah dan rata-rata bahan yang digunakan kain sutra. Jumlah ragam hias pada Motif Batik yang ada di Kalimantan Barat adalah 56 motif. Beberapa contoh Motif Batik yang terdapat di Kalimantan Barat salah satunya Motif Awan Berarak.

Motif Awan Berarak

Kain bermotif Awan Berarak dikenakan oleh kaum kerabat Amantubillah Mempawah. Kain Awan Berarak biasanya selalu di dalam acara-acara besar kerajaan. Motif lain Batik Kalimantan Barat, yang sudah beredar di masyarakat, di antaranya yang berasal dari ide bangunan rumah, seperti Motif Mahkota dari rumah melayu Ketapang, yang bermakna ketinggian derajat, Motif Kembang Sekaki sebagai hiasan pagar teras bangunan tradisional Melayu, bermakna adanya perkawinan antar keluarga dan Motif Cengkrama dari rumah Melayu yang bermakna keakraban dan rasa kekeluargaan.

Source Batik Kalimantan Barat Motif Awan Berarak Batik
Comments
Loading...