Batik Kalangbret Khas Tulungagung

0 317

Batik Kalangbret

Tulungagung juga memiliki sentra pembuatan batik yang tersebar di beberapa desa. Kota yang berada di Jawa Timur ini memiliki desa wisata batik, diantaranya Desa Sembung dan Desa Majan. Banyak wisatawan yang datang untuk belajar membatik, mengetahui sejarah batik dan juga belanja batik khas Tulungagung.

Batik Tulungagung memiliki sejarah yang cukup panjang. Dulunya Tulungangung bernama Bonoworo atau Mrowo. Namun sejak berkembangnya kerajaan Majapahit yang memperluas wilayah kekuasannya, namanya diganti menjadi Tulungagung. Pada masa itu, para prajurit dan keluarga dari Kerajaan Majapahit banyak yang tinggal di Bonoworo dan mengenalkan batik sebagai kesenian. Sekarang kesenian membatik masih berkembang. Kekhasan Batik Tulungagung nampak pada indahnya perpaduan warna dan variasi motif. Awalnya warna khas batik Tulungagung adalah warna coklat dan hitam, tetapi sekarang warna-warna cerah digunakan dalam pewarnaan batik Tulungagung yang banyak disukai masyarakat.

Batik Kalangbret (kambretan) memiliki banyak variasi karena banyak campuran dengan batik daerah lain. Ciri batik kambretan memang tidak hanya batik tulis tapi juga batik cap (cap-capan), jadi dari kambretan ini banyak varian baru. Biasanya kalo batik kambretan ini pada buketan tidak diberi warna warni hanya warna coklat dan warna biru tua. Batik kalangbret juga dikenal dengan bentuk motif kotongan (bentuk kosong yang tidak memiliki isi pada batikan yang dibuat serta ada motif kembang belinjo).

Source Batik Kalangbret Khas Tulungagung Batik Tulungagung
Comments
Loading...