Batik Jumputan di Kampung Celeban

0 367

Batik Jumputan di Kampung Celeban

Kampung Celeban di Kelurahan Tahunan, Umbulharjo, sudah beberapa terakhir berusaha membuat Batik Jumputan menjadi sesuatu yang diperhitungkan. Mini Budiyono, salah satu pembuat Batik Jumputan di Kampung Celeban, mengisahkan kepada Harianjogja.com bagaimana awal mula kampungnya bisa menjadi sentra batik jumputan. Menurutnya, semua berawal dari pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan [LPMK] Kelurahan Tahunan pada akhir 2010.

Pelatihan membuat Batik Jumputan berlangsung selama 3 hari dan rata-rata diikuti oleh ibu rumah tangga. Dalam pelatihan diajari berbagai teknik seperti merancang motif, menggambar, mengikat, menjimpit, menjumput, dan pewarnaan. Menjelang pelatihan berakhir, para peserta, imbuh Mini, diberikan tugas untuk membuat baju menggunakan batik jumput yang telah mereka hasilkan.

Setelah pelatihan selesai, warga yang ikut serta dalam pelatihan kemudian mendapatkan bimbingan, bantuan dana, dan akses pameran selama tiga tahun dari Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Jogja. Warga Kampung Celaban ini kemudian membentuk kelompok yang bernama Batik Jumputan Batikan.

Batik Jumputan Jogja, khususnya yang berasal dari Kampung Celeban punya cirri khas yang tidak dimiliki batik jumputan dari daerah lain semisal Solo dan Palembang. Batik Jumputan Jogja, tambahnya punya “pecahan warna” yang lebih oke. Selain itu, Batik Jumputan produksi Kampung Celeban juga punya motif yang beragam, tak hanya bulatan kecil semata tapi juga ada Motif Daun, Bunga, dan Hewan.

Dengan semakin populernya Batik Jumputan, Mini mengatakan, banyak kampung-kampung lain yang kemudian mengadakan pelatihan bagi warganya. Pengerajin Kampung Celeban, yang mini klaim sebagai perintis, kemudian jadi sering diundang untuk mengisi pelatihan.

Kain batik yang dijual Mini harganya berkisar mulai dari Rp100.000 sampai Rp400.000. Dalam sehari ia mengaku bisa menjual 2 kain batik. Tapi pendapatan terbesarnya ia peroleh dari pesanan kantor-kantor pemerintah dan swasta.

Source Batik Jumputan di Kampung Celeban Batik
Comments
Loading...