Batik Jukok Kenduy Khas Tanjung Bumi

0 151

Batik Jukok Kenduy Khas Tanjung Bumi

Batik Gentong Tanjung Bumi merupakan salah satu dari sekian banyak kekayaan budaya yang ada di Indonesia khususnya di Pulau Madura. Batik Gentong Tanjung Bumi yang terletak di daerah Pulau Madura Kabupaten Bangkalan, sudah banyak orang yang mengetahui tentang kualitas dan banyaknya motif-motif yang sangat unik dan memiliki ciri-ciri khas yang melambangkan tentang madura itu sendiri. Prosesnya pun terbilang cukup unik tidak seperti batik-batik umumnya banyak berbagai wisatawan yang ingin mengetahui proses pembuatan batik gentong tanjung bumi tersebut. Berbagai banyak macam-macam motif batik tanjung bumi termasuk salah Satunya Batik Gentong Motif Jukok Kenduy (ikan teri). 

Batik tulis dikenal memiliki nilai lebih dibandingkan dengan batik printing atau batik cap.Walaupun demikian,terdapat juga batik printing dengan kwallitas kain dan pewarnaan yang lebih baik ketimbang batik printing lainnya.

Tanjung Bumi adalah daerah pesisir sebagian masyarakatnya banyak yang menjadi nelayan. Para perajin batik terinspirasi dari ikan teri atau yang biasa di sebut orang Madura adalah Jukok Kenduy, karna filosofi Jukok Kenduy (ikan teri) adalah ikan yang bentuknya kecil akan tetapi memiliki gizi yang sangat luar biasa, walaupun ikan tersebut kecil ketika dijual tergolong sangat mahal. Dan bentuk dari ikan tersebut pun indah walaupun sederhana. Inspirasi dari ikan teri itulah maka perajin batik yang terdapat di Tanjung Bumi memiliki inisiatif membuat batik yang motifnya sederhana akan tetapi kelihatan sangat elegan dan indah.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batik-jukok-kenduy.html
Comments
Loading...