Batik Jonegoroan Khas Bojonegoro Masih Banyak Peminat

0 126

Batik Jonegoroan Khas Bojonegoro Masih Banyak Peminat

Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kabupaten Bojonegoro menyatakan pembeli Batik Jonegoroan berbagai motif yang dipamerkan di anjungan setempat tetap stabil dibandingkan tahun lalu. Tingkat penjualan batik Jonegoroan berbagai motif yang dipasarkan di ajungan setempat rata-rata sekitar 300 potong per bulan dengan harga mulai Rp. 65.000 sampai Rp. 1 juta per potong. Pembelinya tidak hanya warga lokal, tapi juga warga luar daerah yang kebetulan melewati Bojonegoro. Pengunjung wisman dari Amerika Serikat, Australia, juga dari luar negeri lainnya yang datang ke anjungan sangat tertarik dengan Batik Jonegoroan, dengan Motif Daun Jati.

Batik Jonegoroan yang dipasarkan diajungan setempat milik sekitar 20 perajin batik yang terdiri dari 14 motif batik, mulai Batik Daun Jati, juga Pelem-pelem Suminar, Sekar Rosella, Woh Roning Pisang, Surya Salak Kartika, dan Belimbing Lining Limo. Batik yang dijual dengan harga Rp. 1 juta per potong memanfaatkan bahan alami. Di Bojonegoro ada satu perajin yang membuat pewarnaan alami. Penjualan Batik Jonegoroan di anjungan setempat, tidak hanya kain batik, tetapi juga pakaian laki-laki dan wanita, termasuk sejumlah perajin sudah mulai mengembangkan kaos motif batik.

Pemilik Griya Batik Jonegoroan Bojonegoro Lukito menyatakan hal yang sama bahwa minat warga lokal juga luar daerah yang membeli Batik Jonegoroan masih stabil dengan jumlah rata-rata sekitar 100 potong per bulan.

Source http://surabaya.bisnis.com/ http://surabaya.bisnis.com/read/20161116/9/92535/batik-jonegoroan-khas-bojonegoro-masih-banyak-peminat
Comments
Loading...