Batik Jlamprang Pekalongan Dulunya Bagian Upacara Mistis

0 58

Motif batik yang berasal dari daerah pesisir utara pulau Jawa biasanya terpengaruh oleh motif-motif kain yang dibawa oleh saudagar luar negeri. Setelah motif batik mega mendung asal Cirebon yang terpengaruh budaya China, sekarang giliran batik jlamprang yang menjadi ciri khas kota Pekalongan. Kota ini memang terkenal dengan kain batiknya di mana daerah Krapyak adalah salah satu sentra produksi motif jlamprang.

Pekalongan yang berada di area pantai utara pulau Jawa mendapatkan inspirasi motif batik dari para pedagang asal Gujarat, India. Kain tenun berbahan sutra khas Gujarat yang dibuat dengan teknik ikat dobel atau patola kemudian diadopsi ke dalam motif yang serupa oleh masyarakat Pekalongan. Jadilah motif berupa ceplok yang terdiri dari bentuk bujur sangkar dan persegi panjang yang disusun menyerupai anyaman pada kain tenun patola. Ditambah dengan warna-warna khas Pekalongan, terciptalah motif jlamprang yang indah.

Motif dasar ceplokan berbentuk lunglungan dengan hiasan bentuk bunga padma di bagian tengahnya sebenarnya merupakan motif warisan budaya Hindu dan Budha. Dulu, batik ini digunakan oleh masyarakat Pekalongan sebagai benda sakral yang menjadi bagian dari upacara-upacara nyadran. Upacara yang bernuansa mistis ini ditujukan kepada Den Anyu Lanjar. Penguasa Laut Utara ini diketahui sangat menyukai motif batik jlamprang ini.

Bentuk pemakaian kain batik ini secara sakral menyimbolkan bahwa batik jlamprang merupakan media untuk menghubungkan dunia manusia dan dunia dewa karena bentuk motifnya mempunyai simbol mistis yang bisa diterima oleh dunia Hyang yang menjadi dunia Den Anyu Lanjar.

Meski dulu batik jlamprang disakralkan untuk upacara mistis, kini batik ini bisa dipakai kapan saja tanpa ada sentuhan mistis di baliknya. Motif geometrisnya yang indah tentu wajib untuk dimiliki jika kamu ingin mengoleksi beragam motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Fimelova. Tidak hanya pakaian, kamu juga bisa menemukan motif batik ini pada tas, sepatu, dan berbagai barang lainnya.

Source https://www.fimela.com https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3513422/batik-jlamprang-pekalongan-dulunya-bagian-upacara-mistis
Comments
Loading...