Batik Jepara Motif Sido Arum

0 86

Batik Jepara Motif Sido Arum

Kabupaten Jepara sebenarnya tidak ada sentra khusus batik. Terdapat dua desa yang warganya menggiatkan batik walaupun masih perorangan yaitu di desa Panggang dan di desa Troso. Selain membuat tenun ikat, ternyata di Troso ada beberapa warga yang membuat batik, mungkin tepatnya lebih ke pemasaran batik. Pernah kami berbincang dengan salah satu warga yang menjual Batik Jepara di kawasan tersebut, bahwa batiknya memang memiliki corak khas Jepara namun proses pembuatannya dilakukan di Pekalongan.

Sehingga warna dan sedikit coraknya menyerupai Batik Pekalongan. Batik di Troso Jepara memiliki perbedaan dengan batik lainnya, yaitu batik dibuat dengan dikolaborasikan dengan kain tenun troso sendiri. Di Troso juga banyak dikembangkan batik tenun cap dan batik tenun sablon yang berbahan kain lurik yang kemudian dibatik dengan teknik cap maupun sablon. Salah satu jenis Motif Batik Jepara yang dibuat adalah Motif Sido Arum.

 

Motif Sido Arum merupakan motif yang diilhami dari motif-motif klasik yang sudah ada seperti Sido Mukti, Sido Pangkat, dan semacamnya. Motif ini mengandung pesan agar derajat pangkat bermanfaat bagi kehidupan. Perkembanganya Seni Batik Jepara digabung dengan Tenun Ikat Troso, dengan cara menenun benang hingga jadi kain troso lalu membatik kain tenun tersebut dengan motif-motif Ukiran khas Jepara.

Source http://jeparasejahtera.blogspot.co.id/ http://jeparasejahtera.blogspot.co.id/2016/05/batik-khas-jepara.html https://fitinline.com/article/read/batik-jepara/
Comments
Loading...