infobatik.id

Batik Jepara Motif Parang Jeporo

0 79

Batik Jepara Motif Parang Jeporo

Motif Batik Jepara belum sepopuler dengan motif batik lain seperti Yogyakarta, Solo, Cirebon dan lain-lain, namun patut disyukuri karena batik Jepara eksistensinya masih terjaga hingga saat ini. Batik Jepara telah ada sejak zaman R.A. Kartini, beliau juga yang turut serta dalam mengenalkan batik Jepara ke dunia luar. Bahkan R.A. Kartini juga sempat membuat tulisan bertemakan batik dengan bahasa Belanda.

Motif batik daerah Jepara memang mengadopsi unsur-unsur ukiran khas Jepara, bisa dikatakan lahirnya macam-macam motif batik khas Jepara adalah untuk memperkokoh budaya Jepara dengan menuangkannya dalam karya seni yang saling berhubungan. Salah satu motif batik dalam Batik Jepara adalah Motif Parang Jeporo.

Parang Poro (singkatan dari “Parang Jeporo”, yang artinya “Parang Jepara”) Parang Motif Batik Penting Tapi Ternyata Tak Sekedar Motif Jeporo yang disusun miring dan berupa stilisasi ranting dan dedaunan yang saling berkaitan ternyata digali dari corak ukir Jepara. Makna tersirat dibalik motif batik ini menegaskan bahwa manusia harus selalu hidup berdampingan sebab manusia merupakan makhluk sosial yang akan selalu saling membutuhkan satu sama lain.

Source http://www.bisniskonfeksi.com/ http://www.bisniskonfeksi.com/makna-motif-batik-jepara/ https://fitinline.com/article/read/batik-jepara/
Comments
Loading...