Batik Jawa Barat Belum Dikenal

0 97

Batik Jawa Barat Belum Dikenal

Banyak sebagian masyarakat yang terkecoh dengan banyaknya produk kain bermotif batik. Banyaknya motif dan corak batik tulis maupun cap yang berasal dari Jawa Barat banyak yang belum diketahui oleh masyarakat dan harus dibutuhkan sosialisasi lebih intens. Ketua Umum Yayasan Batik Jawa Barat, Ny. Sendy Dede Yusuf mengatakan hal tersebut disela-sela pembukaan Festival Batik dan Bordir Jawa Barat 2010 bertempat di Graha Manggala Siliwangi. “Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh yayasan maupun para pengrajin sudah banyak dilakukan, namun sejauh ini hanya sebagian kecil masyarakat yang mengetahui mana kain batik tulis atau cap dan mana kain bermotif batik (printing),” ujar Ny. Sendy.

Selama ini masyarakat hanya mengenal Batik Trusmi dan Garutan sebagai batik khas Jawa Barat. Padahal, hampir semua daerah yang ada di Jawa Barat memiliki kekhasan kerajinnan batik tulis yang dibuatnya. Yayasan Batik Jawa Barat mendukung penuh kebijakan pemerintah daerah (Pemprop Jabar) yang mengeluarkan instruksi mengenakan pakaian batik setiap hari Kamis dan Jumat.

Terkait dengan kegiatan festival batik dan bordir kali ini dengan tema “Melalui Batik dan Bordir, Kenali dan Cintai Budayamu”, Sendy merasa optimis akan mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk-produk batik dan bordir asal Jawa Barat. Selain itu, kegiatan inipun tentunya menjadi media untuk mempertemukan para pelaku usaha dan konsumen, sekaligus wahana untuk berbagi diantara para pemangku kepentingan, khususnya para pelaku usaha batik dan bordir, dalam rangka mengembangkan industri batik dan bordir di Jawa Barat.

Source Batik Jawa Barat Belum Dikenal Batik
Comments
Loading...