Batik Jati Blora

0 621

Batik Jati Blora

Kota Blora memiliki seni batik yang dibuat dengan mengandalkan ciri khas yang ada di kota mereka. Salah satu motif batik yang menjadi pola pilihan seniman batik kota ini adalah motif batik dengan bentuk irisan kayu. Pola batik ini merupakan sebuah pilihan yang dibuat oleh para seniman batik di Kabupaten Blora ini mengingat wilayah mereka yang sangat terkenal sebagai pusatnya kayu Jati di wilayah Jawa Tengah. Namun motif batik yang mereka buat bukan itu saja, saat ini telah cukup banyak corak kain dan juga baju batik yang diciptakan di daerah Blora ini dan beberapa diantaranya adalah motif batik yang memperlihatkan pola Batik Burung dan juga berbagai bentuk bunga.

Jika dilihat motif batik yang berkembang di daerah Blora ini memiliki kemiripan dengan pola kain dan juga baju batik yang ada di wilayah Surakarta. Motif batik ini adalah Motif Batik Kembang Manggar, Motif Batik Semen Romo yang memiliki bentuk sulur-sulur kembang, dan juga Motif Batik Lar. Motif batik yang berkembang di daerah Blora ini ada juga yang memiliki motif menyerupai daun jati dan juga mustika yang merupakan motif batik yang memiliki kandungan makna hidup dan juga etos dalam bekerja. Motif batik dengan pola daun jati ini merupakan motif batik yang diperkenalkan ke masyarakat luas pada sekitar tahun 2008.

Hal ini merupakan sebuah simbol dan juga identitas dari kabupaten Blora yang sebagian besar wilayah yang ada di kabupaten ini merupakan hutan Jati. Motif batik yang lain juga tercipta pada tahun 2009 dimana pemerintahan daerah setempat membuat Motif Batik Mustika yang juga mengangkat ciri khas dari Kota Blora ini selain kayu jati. Motif batik ini diantaranya adalah Motif Batik Kilang Minyak, Motif Batik Barongan, Motif Batik Tayub, Motif Batik Satai, Motif Batik Sedulur Sikep, dan juga Motif Batik Daun Jati.

Source Batik Jati Blora Batik
Comments
Loading...