Batik Jambi Warna Pastel Resmi Diluncurkan di Jakarta Fashion Week

0 36

Batik Jambi Warna Pastel Resmi Diluncurkan di Jakarta Fashion Week

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi terus mengembangkan Batik Jambi. Untuk pengembangan itu dijalin kerja sama dengan designer busana, Barli Asmara, sejak awal 2017. Kerja sama tersebut membuahkan hasil positif bagi Batik Jambi.

Setelah meluncurkan Batik Jambi warna hitam putih, Maret lalu, Dekranasda Provinsi Jambi resmi meluncurkan Batik Jambi warna pastel, di even Jakarta Fashion Week (JFW) 2017, Senayan City, Jakarta, Senin (23/10/2017). Pada sesi “Jambi Kain Negeriku”, ratusan pemerhati fashion di Indonesia, designer, pelaku industri busana dan para model turut menyaksikan peluncuran Batik Jambi warna pastel. Ada 48 koleksi yang ditampilkan oleh para peragawati.

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Sherrin Tharia, memilih warna pastel, selain untuk menambah koleksi corak Batik Jambi, juga agar Batik Jambi semakin bisa diterima semua kalangan, terutama generasi muda. Isteri Gubernur Jambi ini ingin anak-anak muda, khususnya di Jambi, lebih rileks ketika mengenakan Batik Jambi.

Pemilihan warna pastel tersebut merupakan keinginannya, setelah melihat berbagai warna yang dibuat oleh para pengrajin Batik Jambi. Untuk motifnya, tetap menampilkan motif asli Batik Jambi. Hanya saja diolah sedikit supaya tampil lebih menarik. Dengan warna pastel ini, diharap Batik Jambi lebih luwes.

Batik Jambi kini tidak hanya dipakai untuk acara-acara tertentu, seperti resepsi pernikahan, tapi juga dipakai untuk sehari-hari. Batik Jambi warna pastel kini mulai dipasarkan di pasar nasional, bahkan menyasar pasar internasional. Pengembangan Batik Jambi dengan berbagai pewarnaan bertujuan untuk mengangkat nama dan budaya Jambi. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin Batik Jambi itu sendiri.

Kedepannya Dekranasda Jambi akan mengangkat pewarnaan-pewarnaan alam, termasuk untuk tenun. Sherrin tidak berhenti sampai di sini. Sherrin akan terus berusaha. Tahun depan diusahakan menampilkan produk-produk dengan inovasi baru lagi.

Source https://infojambi.com/ https://infojambi.com/batik-jambi-warna-pastel-resmi-diluncurkan-di-jakarta-fashion-week/
Comments
Loading...