infobatik.id

Batik Jambi Unjuk Diri di Fashion Show Asia Tenggara

0 10

Batik Jambi Unjuk Diri di Fashion Show Asia Tenggara

Popularitas batik Jawa di Indonesia sudah tidak dapat dipungkiri. Dalam berbagai kesempatan Anda akan menyaksikan bagaimana anak-anak muda hingga dewasa memakai baju batik Jawa dalam berbagai kesempatan acara. Sayangnya popularitas batik Jawa ini tidak diikuti oleh batik nusantara lainnya. Hingga Ketua Dekranasda Jambi, Yuliana Fasha menggandeng rumah mode Darabirra berhasil mengangkat batik Jambi dan membawanya ke JFW atau Jakarta Fashion Week. Mengambil tema Pusako Batuah, batik Jambi berhasil melenggang dan menarik perhatian.

Bersanding dengan beberapa merek terkenal dan para desainer papan atas Indonesia, batik Jambi justru berhasil menjadi pusat perhatian. Tidak hanya menampilkan batik Jambi yang masih belum banyak dikenal di atas panggung pergelaran JFW. Namun sentuhan tangan dari desainer Darabirra juga menjadikan batik Jambi tampil dalam wujud yang anggun, fashionable dan kekinian. Kesungguhan dan kerja keras para desainer lokal telah membuat batik Jambi layak melenggang dan disandingkan dengan merek-merek besar dan terkenal di Indonesia dan Asia Tenggara.

Motif Batik Jambi

Batik menjadi unik karena motifnya. Setiap tempat menghasilkan motif yang berbeda sehingga memiliki ciri khas yang tidak dapat ditiru. Kearifan masyarakat melayu tercermin dalam beragam motif batik Jambi yang masih belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Beberapa ahli menyatakan bahwa motif batik Jambi ini menjadi representasi dari watak sekaligus karakter masyarakat Jambi yang sangat sederhana, terbuka dengan hal-hal baru namun cukup lamban dalam merespon perubahan. Karena itu motif batik Jambi biasanya sederhana dan jika terdapat pola yang rumit lebih kepada pengembangan yang baru terjadi pada tahun 1980-an.

Terdapat 5 motif pokok dari batik Jambi yakni Durian Pecah, Merak Ngeram, Kuao Berhias, Kapal Sanggat dan Tampuk Manggis. Masing-masing motif ini memiliki keunikan gambar yang masih tidak meninggalkan nilai-nilai kesederhanaan dari karakter masyarakat Jambi itu sendiri. Selain motifnya yang sangat khas, keunikan batik Jambi juga terletak pada warnanya. Pada tahun 1980-an, warna batik Jambi masih menggunakan warna-warna kuno. Namun pada tahun 1990-an batik Jambi terpengaruh warna batik Pekalongan dan Cirebon. Sekarang ini setelah kembali hidup, batik Jambi kembali ke warna lama yang cerah dan memiliki karakter yang sangat khas.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/batik-jambi-unjuk-diri-di-fashion-show-asia-tenggara.html
Comments
Loading...