Batik Jambi Motif Sungai Batanghari

0 702

Kota Jambi merupakan daerah yang ikut berpartisipasi menyebarluaskan kerajinan tradisional batik Indonesia. Memiliki ciri khas serta motif batik yang berbeda tentunya, dikarenakan sejarah yang berbeda, iklim yang berbeda, budaya yang berbeda sehingga menghasilkan sebuah kreatifitas karya yang berbeda pula untuk batik jambi ini. Batik Jambi memiliki ciri khas yang unik dan eksotis. Baik dari segi warna maupun motifnya sediri. Sebagian besar pewarnaan batik dan Keunikan Batik Jambi terletak pada kesederhanaan bentuk motif dan pewarnaan yang khas, yaitu bentuk motif yang tidak berangkai (ceplok-ceplok) dan berdiri sendiri-sendiri. Pemberian nama pada motif batik Jambi, diberikan pada setiap satu bentuk motif, seperti motif Sungai Batanghari.

Motif Sungai Batanghari

Secara umum motif Batik Jambi merupakan satu kesatuan dari elemen-elemen yang terdiri atas titik, garis, bentuk warna dan tekstur. Kesatuan elemen tersebut, mewujudkan keindahan melalaui pengulangan, pusat perhatian, keseimbangan dan kekontrasan yang mengandung kebudayaan setempat, opini dan nilai-nilai filosofis.

Batanghari merupakan nama sungai terpanjang di Jambi dan menjadi ikon yang penuh nilai histori dan penunjang perekonomian Jambi sejak Zaman dahulu, sehingga menginspirasi masyarakat Jambi untuk dijadikan motif batik batanghari.

Batik Jambi masih perlu dikembangkan lagi, baik motif maupun industri batiknya sendiri. Batik tidak hanya sekedar selembar tekstil dengan motif dan proses tertentu, tetapi merupakan khasanah hasil seni budaya bangsa Indonesia. Hal lain yang juga sangat perlu diperhatikan sejalan dengan usaha untuk menembus pasar global adalah upaya agar motif batik Jambi mendapatkan pengesahan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) / Patent Rights baik secara Nasional maupun Internasional.

Source Batik Jambi Motif Sungai Batanghari Batik Motif
Comments
Loading...