Batik Jambi Motif Merak Ngeram

0 592

Motif utama batik Jambi sederhana dan cenderung konvensional, mencirikan watak asli masyarakat Melayu Jambi. Ada motif batik Jambi yang rumit dan detailnya kompleks, maka bisa jadi itu merupakan motif pengembangan baru yang muncul pada dekade 80-an. Beberapa daerah penghasil batik Jambi diantaranya: Kota Jambi, Batanghari, Soralangun, Merangin, Tebo dan Bungo. Keunikan Batik Jambi terletak pada kesederhanaan pewarnaan dan motif yang khas, yaitu bentuk motif yang tidak berangkai (ceplok-ceplok) dan berdiri sendiri-sendiri. Pemberian nama pada motif batik Jambi, diberikan pada setiap satu bentuk motif, seperti Motif Kaca Piring.

Secara umum ragam hias batik Jambi merupakan satu kesatuan dari elemen yang terdiri atas titik, garis, bentuk warna dan tekstur. Kesatuan elemen tersebut, mewujudkan keindahan melalui pengulangan, pusat perhatian dan keseimbangan serta kekontrasan yang memiliki bobot kultur setempat, opini dan nilai-nilai filosofis.

Motif Merak Ngeram

Motif merak ngeram merupakan motif yang dikenal dan memiliki makna yang sangat mendalam juga patut untuk tidak diabaikan. Maksud dari motif merak ngeram yaitu jasa pengorbanan dan kasih sayang seorang ibu sangatlah besar, oleh karena itu hormatilah beliau.
Peran Pemerintah sangat penting dalam upaya pemberdayaan dan pembinaan kepada perajin lokal. Pembatik yang telah ada harus terus dibina dan Dinas terkait perlu mencetak perajin-perajin baru, supaya ketika pesanan batik membeludak, industri yang ada telah siap, bukannya malah melempar pesanan ke luar daerah seperti yang terjadi sekarang ini. Itu berarti, pemerintah perlu memberikan dukungan untuk mengangkat sektor industri batik di Jambi.
Source Batik Jambi Motif Merak Ngeram Motif Batik
Comments
Loading...