Batik Jambi Motif Kapal Sanggat

0 571

Motif Batik Jambi saat ini sudah mengalami modifikasi atau pengembangan sesuai dengan selera pasar yang diminati. Secara umum motif Batik Jambi merupakan satu kesatuan dari elemen yang terdiri atas titik, garis, bentuk warna dan tekstur. Kesatuan elemen tersebut, mewujudkan keindahan melalaui pengulangan, pusat perhatian, keseimbangan dan kekontrasan yang mengandung kebudayaan setempat, opini dan nilai-nilai filosofis. Salah satu motif batik Jambi yang khas adalah Motif Kapal Sanggat.

Motif kapal Sanggat

Kapal Sanggat atau sama juga dengan kapal karam, dalam motif ini rupanya tergambar dua jenis kapal sanggat. Pertama, kapal sanggat dengan tiga bendera. Kedua, kapal sanggat dengan empat bendera. Kapal dengan tiga bendera mewakili masyarakat peladang, sedangkan kapal dengan empat bendera melambangkan masyarakat maritim. Bilangan puncak dalam kebudayaan peladang adalah tiga. Maksudnya, dua hal yang paradoksal dikawinkan dalam kesatuan yang lebih tinggi. Tiga adalah perkawinan dari satu dan dua. Bilangan khas kebudayaan maritim adalah empat. Kalau kapal masyarakat peladang yang benderanya berjumlah tiga itu dipaksa mengarungi lautan, sanggatlah kapal tersebut.

Pandangan dunia peladang tidak sesuai dengan jagad maritim. Demikian pemaknaan Sumarjo atas motif Kapal Sanggat. Pesan yang dapat diambil dari motif Kapal Sanggat adalah keharusan untuk berhati-hati dalam menjalankan sesuatu pekerjaan. Tidak boleh lalai dalam melaksanakan tugas, selalu waspada dan paham aturan. Karena kelalaian dalam pekerjaan akan menyebabkan musibah dan malapetaka bagi orang yang bersangkutan, sepert kapal nyanggat.

Source Batik Jambi Motif Kapal Sanggat Batik Motif
Comments
Loading...