Batik Jambi Motif Duren Pecah

0 73

Batik Jambi Motif Duren Pecah

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi.

Perlu diketahui bahwa, Jambi merupakan salah satu daerah yang ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan pakaian batik ke masyarakat di Indonesia dan juga manca Negara.

Jambi sendiri memiliki motif dan corak batik yang sangat unik. Khas batik dari luar Pulau Jawa. Jika dilihat dari sejarahnya, batik Jambi berasal dari kelas bangsawan pada masa lalu. Sehingga tidak heran jika batik Jambi memiliki motif dan karakteristik yang mewah dengan corak warna yang elegant khas bangsawan. Selain itu, motif batik Jambi memiliki makna dan arti yang mendalam.

Motif batik Jambi durian pecah mengambarkan dua bagian kulit durian yang terbelah tetapi masih terpaut antara pangkal tangkainya. Dua belah kulit durian tersebut memiliki arti yang terdapat pada masing-masing bagiannya. Bagian pertama memiliki makna pondasi iman dan taqwa. Sementara bagian yang satunya memiliki arti ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa makna dari motif batik Jambi Duren Pecah ini adlaah, melaksanakan pekerjaan berlandaskan iman dan juga taqwa dan didukung dengan penguasaan ilmu serta teknologi. Maka akan memberikan hasil terbaik bagi yang menjalankannya serta keluarga dan sekelilingnya.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/beragam-motif-batik-jambi-dan-penjelasannya.html
Comments
Loading...