infobatik.id

Batik Jambi Motif Anso Duo Bersayap

0 22

Batik Jambi merupakan salah satu batik yang memiliki motif dan corak yang beragam dan berbeda dengan batik yang berasal dari daerah lain. Hal ini tentu dikarenakan perbedaan wilayah dan daerah serta iklim dan juga budaya yang berbeda. Sehingga menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula. Salah satunya seperti Batik Jambi.

Perlu diketahui bahwa, Jambi merupakan salah satu daerah yang ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan pakaian batik ke masyarakat di Indonesia dan juga manca Negara.

Jambi sendiri memiliki motif dan corak batik yang sangat unik. Khas batik dari luar Pulau Jawa. Jika dilihat dari sejarahnya, batik Jambi berasal dari kelas bangsawan pada masa lalu. Sehingga tidak heran jika batik Jambi memiliki motif dan karakteristik yang mewah dengan corak warna yang elegant khas bangsawan. Selain itu, motif batik Jambi memiliki makna dan arti yang mendalam.

Motif batik Jambi Anso Duo Bersayap ini merupakan salah satu motif batik Jambi yang sangat khas. Selain itu, motif batik ini juga tidak terlepas dari legenda masyarakat Jambi. Menurut legenda zaman dahulu, angso duo adalah sepasang angsa yang katanya dipercaya untuk menuntun Puti Mayang Mangurai dan Orang Kayo Hitam ketika mereka hendak mencari tempat tinggal. Pada akhirnya kedua angsa ini membawa mereka ke sebuah daerah untuk membangun negeri baru yang kini dikenal sebagai Kota Jambi.

Source https://batikjambi.com https://batikjambi.com/beragam-motif-batik-jambi-dan-penjelasannya.html
Comments
Loading...